200 Jamban Sehat Ditarget Selesai Digarap di Lokasi TMMD


GALI LOBANG : Anggota TNI melakukan penggalian lubang yang akan untuk program jambanisasi di Dusun Pagetan Desa Wonokampir Kecamatan Watumalang, kemarin.

WATUMALANG (FOKUSSABA)- Pra kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Koramil 02/Watumalang mendampingi masyarakat melakukan sasaran program fisik jambanisasi dengan target 200 jamban, di Dusun Pagetan Desa Wonokampir Kecamatan Watumalang. Kegiatan Pra TMMD Reguler 2019 ini adalah pendampingan dan bersifat membantu para warga untuk pembuatan jamban.

Danramil 02/Watumalang Kapten Infanteri Bintarto mengungkapkan, dengan adanya jamban di setiap rumah warga, diharapkan kesehatan di masyarakat selalu terjamin. Pembuatan jamban keluarga, sebagai salah satu sasaran fisik, bertujuan untuk membantu mewujudkan lingkungan sehat, bersih dan nyaman guna meningkatkan derajat kesehatan dan kesejahteraan masyarakat.

Menurut dia, kegiatan itu merupakan program penyediaan sarana sanitasi jamban sehat (hygiene sanitation) berbasis masyarakat sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat untuk stop buang air besar (BAB) sembarangan. “Diharapkan dengan jambanisasi ini masyarakat Dusun Pagetan akan bisa lebih memahami pola hidup sehat di rumah masing-masing," harapnya.

Dijelaskan, program stop BAB sembarangan dilakukan melalui kegiatan penyuluhan yang bersifat education untuk memberikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat akan pentingnya kesehatan lingkungan dan pembuatan jamban. “Kegiatan seperti ini merupakan kegiatan sosial yang sangat baik, sehingga kita bisa saling membantu dan bekerja sama bila melihat warga yang kekurangan,” ungkapnya.

Ia menambahkan pembuatan jamban bagi keluarga di Dusun Pagetan itu tentu manfaatnya akan dirasakan bagi penerima dan lingkungan secara umum. Diharapkan, suksesnya jambanisasi akan mengubah pola hidup sehat lingkungan. "Semoga nantinya masyarakat semakin sadar bahwa jamban sehat dalam lingkungan masyarakat penting. Karena BAB sembarangan bisa menyebarkan berbagai penyakit," tutur dia. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.