Angin Kencang Terjang Rumah Warga dan Kandang Ayam


BERSIHKAN RANTING : Sejumlah warga membersihkan ranting pohon yang tumbang menimpa rumah penduduk di wilayah Kecamatan Selomerto, Wonosobo, Minggu (17/2) sore.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Hujan lebat disertai angin kencang menyebabkan sejumlah pohon di wilayah Wonosobo tumbang, atap sejumlah rumah dan kandang ayam rusak dan terbalik. Di wilayah Kecamatan Selomerto, atap dan plafon sebuah rumah milik Mispan warga Kresek RT 04 RW 01 terbalik akibat diterjang angin kencang. Sementara sebuah kandang ayam di Desa Rejosari, Kecamatan Kepil roboh.

Koordinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Sabar mengungkapkan, berdasarkan informasi yang dihimpun, peristiwa angin kencang tersebut terjadi pada Minggu (17/2) pukul 15.00. "Kandang ayam itu roboh setelah diterjang angin kencang disertai hujan lebat dan petir, yang terjadi Minggu sore," ungkapnya.

Akibatnya, kata dia, pemilik kandang menderita kerugian material hingga jutaan rupiah. Diketahui kandang ayam tersebut milik Irawan warga setempat. Peristiwa tersebut bermula pada saat wilayah Wonosobo diguyur hujan lebat disertai angin kencang. Diduga kandang ayam yang terbuat dari kayu dan bambu tersebut tidak kuat menahan terjangan angin kencang, akibatnya kandang tersebut roboh.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut, namun pemilik kandang menderita kerugian ditaksir mencapai Rp 6 juta. Selain menyebabkan sebuah kandang ayam roboh, hujan deras disertai angin kencang juga menyebabkan pohon tumbang dan rumah rusak di beberapa titik. Diantaranya adalah terjadi pohon tumbang di beberapa titik di Kecamatan Selomerto.

"Hujan lebat disertai angin kencang juga merusak sebuah rumah milik Mispan warga Kresek RT 01/01, Selomerto. Beruntung peristiwa itu tidak menimbulkan korban jiwa. Hari ini laporan baru dapat itu dan kami masih terus melakukan pemantauan. Kami terus mengimbau agar warga masyarakat tetap berhati-hati. Karena, saat ini Wonosobo masih sering diguyur hujan deras disertai angin kencang," beber dia. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.