Bonggol Bambu Bekas Longsor Menghambat Disingkirkan


BERSIHKAN BONGGOL : Warga masyarakat dibantu anggota Polsek dan Koramil Kalikajar melakukan pembersihan bonggol bambu di Kampung Ngasinan Tengah Kelurahan Kalikajar, Wonosobo, Jumat (15/2) pagi.

KALIKAJAR (FOKUSSABA)- Puluhan warga dibantu anggota Polsek dan Koramil Kalikakar melakukan pembersihan bonggol bambu bekas longsor di Kampung Ngasinan Tengah Kelurahan Kalikajar, Wonosobo, Jumat (15/2) pagi. Kerja bakti pembersihan bonggol bambu dilakukan karena sejak longsor sebulan terakhir, kondisi sangat mengganggu akses penghubung Kelurahan Kalikajar dengan Desa Rejosari.

Kapolsek Kalikajar Iptu Budi Rustanto mengungkapkan, rumpun bambu tersebut mengalami longsor sekitar sebulan yang lalu. “Untuk batang bambu yang menutupi jalan, pada waktu itu sudah dibersihkan dan bonggolnya sudah ditepikan. Namun karena besarnya rumpun bambu, pada bagian bonggol bambu tersebut baru bisa dibersihkan pada saat ini," ungkapnya disela melakukan pembersihan.

Menurut dia, besarnya bonggol bambu, membuat petugas dan masyarakat sempat kesulitan mengevakuasinya, hingga akhirnya diputuskan untuk dibelah menjadi beberapa bagian. “Meski sudah dibelah, masih saja cukup besar. Dan akhirnya kami tarik menggunakan truk untuk dibuang di lahan kosong agar tidak lagi mengganggu pengguna jalan. Kegiatan kerja bhakti semacam ini, merupakan agenda rutin yang dilaksanakan," beber dia.

Danramil 07/Kalikajar Kapten Czi Sarwiyono menambahkan, kegiatan kerja bhakti bersama sengaja dilakukan setelah ada laporan warga masyarakat cukup resah dengan kondisi bonggol bambu tersebut. Maka dari itu kegiatan karya bakti ini merupakan salah satu upaya dalam rangka mempercepat pembenahan akibat bencana agar dapat segera digunakan kembali. "Kami akan selalu membantu mengatasi persoalan di masyarakat," akunya.

Sementara itu, Lurah Kalikajar, Ngabidin, menyampaikan ucapan terima kasih kepada Polsek dan Koramil atas terselenggaanya kegiatan ini. “Sebenarnya, meski tidak menutup akses jalan, namun bonggol bambu tersebut cukup membahayakan warga yang melintas. "Saya mewakili warga Kelurahan Kalikajar mengucapkan banyak terima kasih atas kerja keras dan inisiatif dari Polsek dan Koramil Kalikajar untuk melaksanakan kerja bhakti pembersihan bonggol bambu ini,” ujarnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.