Tebing Longsor Rusak Dua Rumah di Desa Tegalsari


LAKUKAN ASSESMENT: Petugas BPBD Wonosobo melakukan assesment bencana tanah longsor di Desa Tegalsari Kecamatan Garung, Wonosobo, Jumat (15/2) petang.

GARUNG (FOKUSSABA)- Hujan deras yang mengguyur wilayah Wonosobo beberapa hari terakhir menyebabkan tebing setinggi lima meter di Desa Tegalsari, Kecamatan Garung, Wonosobo mengalami longsor, Jumat (15/2) 15.30. Bencana tanah longsor tersebut menyebabkan dua rumah penduduk rusak setelah tertimbun material longsor. Beruntung tak ada korban luka maupun jiwa dalam peristiwa tersebut.

Koodinator Pusat Pengendali Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Sabar mengungkapkan, dua rumah penduduk yang rusak akibat terdampak longsor tersebut, antara lain milik Ahmad Tahul warga Dusun Kandangan RT 07 06 dan Rodin warga Dusun Pringapus RT 01/06 Desa Tegalsari, Kecamatan Garung.

Menurutnya kedua rumah milik korban mengalami roboh pada bagian tembok, hingga sebagian isi rumah dipenuhi material tanah longsor. "Untuk rumah milik Ahmad tembok jebol kerusakan sedang hingga keluarga korban mengungsi. Sementara rumah Rodin juga rusak sedang, namun masih ditinggali," beber pria yang akrab disapa Mondleng itu.

Dikatakan, tebing lima meter tersebut longsor karena tergerus derasnya arus air hujan. Kondisi tanah pada tebing tersebut gembur sehingga saat terjadi hujan deras rawan longsor. Kerugian akibat tanah longsor di perkirakan mencapai jutaan rupiah. Tidak ada korban jiwa dalam bencana tanah longsor tersebut. "Kami sudah melakukan assesment dan penanganan," akunya.

Selain itu, personil BPBD bersama masyarakat, anggota TNI dan Polri telah melakukan kerja bakti membersihkan material yang menimpa dua rumah warga di dua dusun tersebut. Pihaknya meminta kepada masyarakat yang bermukim di daerah perbukitan dan daerah rawan bencana tanah longsor untuk meningkatkan kewaspadaan saat terjadi hujan deras.

Dihimbau, saat terjadi hujan deras dengan intensitas sedang hingga tinggi, apalagi dalam durasi yang lama, penduduk jangan berada di sekitar tebing. Cari tempat yang aman untuk menghindari bencana tanah longsor. Hal ini karena hampir seluruh wilayah di Wonosobo rawan mengalami longsor dan sering diguyur hujan deras dengan intensitas lama. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.