Warga Dusun Rego Binangun Relakan Tanahnya Dibuat Jalan


BUKA JALAN : Puluhan warga melakukan kerja bhakti membuka jalan di Dusun Rego, Desa Binangun Kecamatan Watumalang, kemarin.

WATUMALANG (FOKUSSABA)- Tidak kurang dari 40 orang setiap harinya melakukan kerja bhakti membuka jalan di Dusun Rego, Desa Binangun Kecamatan Watumalang. Mereka bergotong royong dari pagi pukul 08.00-16.00, guna membuka jalan yang sebelumnya hanya setapak, tidak kurang dari satu meter lebarnya.

Camat Watumalang Iwan Widayanto menyebutkan ada tujuh rukun tetangga (RT) yang secara bergilir melakukan pekerjaan gotong-royong membuka jalan ini sepanjang 350 meter. Kegiatan ini murni swadaya masyarakat. Obsesi dari warga setempat dengan jumlah 144 Kepala Keluarga ini adalah memiliki jalan selebar tiga meter.

Jalan ini dimaksudkan akan mempermudah akses warga Dusun Rego untuk beraktivitas menuju dusun lainnya. Adapun jalan yang dibuka tentu harus merelakan beberapa tanah kepemilikan warga, sekitar 24 pemilik tanah semua bersedia jika tanahnya digunakan untuk jalan. "Tak satupun yang minta ganti rugi, semua mengikhlaskan dengan senang hati untuk kemanfaatan bersama," imbuh dia.

Termasuk, kata dia ada tujuh rumah yang harus terkurangi bagian depannya guna pelebaran jalan ini. Nantinya masyarakat secara bergotong-royong juga untuk memperbaiki rumah yang terpaksa harus terkurangi untuk jalan. Diperkirakan tidak lebih dari tiga bulan, pelebaran jalan ini akan selesai.

Kepala Desa Binangun, Umaryadi mengaku di tahun 2020, pihaknya berkomitmen untuk membantu pengerasan jalan dengan Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) berikutnya. "Akan kami anggarkan pada APBDes berikutnya. Semoga bisa di tahun 2020," tutur dia. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.