Empat Kios Terbakar, Honda Jazz Ikut Terpanggang


EVAKUASI BARANG : Petugas berupaya mengevakuasi barang-barang yang kemungkinan masih bisa dimanfaatkan pasca proses pemadaman di sejumlah kios yang terbakar, Jumat (15/3) sekitar pukul 17.30.

TEMANGGUNG (FOKUSSABA)- Empat kios beserta isinya yang berada di Jalan Raya Kedu-Parakan Lingkungan Kampung Maliyan RT 08 RW 01 Kelurahan Sidorejo Kecamatan Temanggung ludes dilalap sijago merah, Jumat (15/3) sekitar pukul 17.30. Sebuah mobil Honda Jazz V-Tech yang berada di salah satu kios hangus terpanggang dalam insiden tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kejadian kebakaran terjadi pada pukul 17.30. Percikan api diduga berawal dari salah satu kios yang diakibatkan hubungan pendek arus listrik, dikarenakan sebelumnya listrik padam dari pukul 10.00, kemudian listrik menyala pada pukul 17.15. Namun, selang 10 menit terlihat api sudah membesar dan kemudian membakar ruko atau kios di sekitarnya.

"Kondisi api cepat sekali menjalar, setelah terjadi percikan api dan asap langsung membumbung tinggi. Warga berupaya melakukan pemadaman seadanya namun api tetap membesar. Akhirnya warga berupaya melaporkan kepada petugas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk membantu melakukan proses pemadaman," ungkap Andi salah satu saksi kejadian.

Dalam musibah tersebut, tercatat ada empat kios yang terbakar, antara lain Kios Variasi Sticker (cutting sticker), Kios Bengkel AC, Kios Expedisi Indah Cargo dan Kios Variasi Mobil (Audio). Terdapatv pula satu rumah penduduk di sekitarnya yang kondisi bagian atap mengalami rusak ringan dan satu mushola bagian atap juga mengalami rusak ringan.

Tak hanya empat kios beserta isinya yang terbakar, satu unit mobil Honda Jazz V-Tech juga ikut hangus terbakar. Kondisi itu lantaran kunci mobil berada di dalam dan api sangat cepat menjalar, sehingga warga tak berani mengevakuasi mobil tersebut. "Berutung tidak ada korban dalam musibah tersebut," ungkap Plt Kalak BPBD Temanggung, Gito Walngadi.

Mendapat laporan dari warga, pihaknya juga menerjunkan anggotanya membantu warga dan petugas Damkar dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Temanggung. "Kami juga berupaya melakukan assesment mengenai kejadian kebakaran tersebut. Setelah dilakukan proses pemadaman, kerugian atas empat kios yang ludes beserta isinya serta satu unit mobil Honda Jazz V-Tech, ditaksir kurang lebih mencapai Rp 500 juta," beber dia.

Tak hanya itu, kejadian kebakaran juga terjadi di hari yang sama di sebuah rumah di Kedu Gang II RT 03 RW 02 Desa Kedu Kecamatan Kedu sekitar pukul 10.00. Kejadian kebakaran menimpa rumah milik Margo Utomo (61) yang ditinggali dua keluarga dengan tujuh jiwa. Api berasal dari percikan api tungku dapur. Karena rumah terbuat dari kayu, sehingga dengan cepat api merembet ke dinding dapur dan membakar sebagian perabotan dapur. Kerugian Rp 5 juta. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.