Kepala Desa di Wonosobo Harus Kreatif dan Inovatif

Kepala desa di Wonosobo harus kreatif dan inovatif mengembangkan potensi kearifan lokal menjadi sumber ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.
BERI BANTUAN : Bupati Wonosobo Eko Purnomo bersama pejabat lain memberikan bantuan kepada warga di wilayah Wadaslintang, Wonosobo, baru-baru ini.

WADASLINTANG (FOKUSSABA)- Bupati Wonosobo Eko Purnomo mengingatkan para kepala desa untuk mampu menggali dan mengelola potensi sumber daya alam (SDA), serta sumber daya manusia (SDM) yang dimiliki. Kepala desa juga harus kreatif dan inovatif mengembangkan potensi kearifan lokal menjadi sumber ekonomi maupun kesejahteraan masyarakat.

Hal itu disampaikan Bupati saat Kegiatan Sambang Desa bersama Komandan Kodim 0707, Letkol Czi Fauzan Fadli, Kapolres AKBP Abdul Waras, Kepala Kejaksaan Negeri Saiful Bahri Siregar, Pejabat Sekda, Muhammad Zuhri, serta beberapa Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Wonosobo. Mereka sengaja mengunjungi beberapa desa terpencil di Kecamatan Wadaslintang, menggunakan motor trail.

Selain itu, kepala desa dan jajarannya diminta untuk terus meningkatkan profesionalisme, baik dalam hal manajerial, teknis pemerintahan, maupun dalam pelayanan kepada masyarakat. Juga harus meningkatkan efisiensi dan efektivitas kinerja kelembagaan desa, meningkatkan kualitas proses perencanaan serta pengendalian pembangunan desa.

"Pemerintah desa harus juga meningkatkan pengelolaan keuangan desa yang berbasis pada kinerja dan kemampuan keuangan desa, sekaligus meningkatkan kuantitas serta kualitas pelayanan publik. Namun tetap disinergikan dengan program pemerintah yang diterima oleh desa, untuk menghindari adanya tumpang tindih dalam pelaksanaan pembangunan dan menciptakan keadilan antar wilayah di tingkat desa," ungkapnya.

Bupati berharap, dalam konteks penyelenggaraan pemerintahan desa, pelaksanaan pembangunan desa, dan pembinaan kemasyarakatan, kepala desa untuk melibatkan semua unsur masyarakat, seperti BPD, RW, RT dan seluruh komponen masyarakat lainya. Dalam setiap kebijakan, baik dari perencanaan, pelaksanaan sampai dengan evaluasinya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.