Kodim, Polres dan Pemda Bersinergi Bersihkan Sampah

Kodim 0707/Wonosobo bersama Polres, Pemda dan pedagang Pasar Selomerto bersinergi melakukan karya bakti pembersihan sampah di lingkungan Pasar Selomerto dan pemukiman sekitar pasar.
BERSIHKAN SAMPAH : Dandim 0707 Letkol Czi Fauzan Fadli dan Kapolres AKBP Abdul Waras bersama-sama membersihkan sampah di lingkungan Pasar Selomerto Wonosobo, Jumat (1/3) pagi.

SELOMERTO (FOKUSSABA)- Memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Tahun 2019, Kodim 0707/Wonosobo bersama Polres, Pemda dan pedagang Pasar Selomerto bersinergi melakukan karya bakti pembersihan sampah di lingkungan Pasar Selomerto dan pemukiman sekitar pasar. Kegiatan tersebut dipimpin oleh Dandim 0707 Letkol Czi Fauzan Fadli dan Kapolres AKBP Abdul Waras.

Dalam apel tersebut, Kapolres Abdul Waras menyampaikan kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk wujud sinergitas bersih-bersih sampah Polres bersama Kodim dan Pemkab dalam rangka HPSN 2019. "Harapan kami kegiatan bersih-bersih ini bisa mengajak masyarakat agar bisa mengelola sampah untuk hidup bersih dan bernilai," ungkapnya di hadapan puluhan peserta.

Menurut dia, semua tahu bahwa kebersihan sebagian dari iman. Untuk itu diharapkan semua bisa ikhlas mengerjakan karya bakti ini. "Kita sebagai aparat harus bisa menjadi teladan dan panutan dalam kehidupan sehari-hari dimulai dari hal-hal kecil seperti yang kita lakukan saat ini. Ini merupakan rasa kepedulian Polres, Kodim, Pemda dan masyarakat terhadap lingkungan sekitar tempat tinggal," beber dia.

Senada Dandim Fauzan menyebutkan, dampak adanya sampah apabila tidak kita kelola dengan baik maka akan berdampak negatif seperti menimbulkan penyakit, banjir, dan merusak ekosistem yang lain. "Kegiatan ini bertujuan untuk menciptakan lingkungan yang bersih dan bebas sampah di lingkungan masyarakat dan kepedulian kita terhadap kelestarian lingkungan," harapnya.

Diharapkan, kedepan selalu terjaga yang berdampak kepada kesehatan serta kelangsungan hidup anak cucu kita kelak. Kodim sebagai aparat komando kewilayahan memelopori serta membuat contoh teladan yang baik dengan selalu menjaga kebersihan dan membuang sampah pada tempatnya sehingga lingkungan kita akan terhindar dari berbagai macam penyakit atau dampak yang lain di akibatkan oleh sampah.

“Jangan membuang sampah sembarangan serta kita harus bisa memilah milah mana sampah organik dan anorganik sehingga bisa menjadi edukasi bagi generasi penerus. Kegiatan seperti ini lebih memberikan semangat dan jelas sangat berdampak positif kepada masyarakat. Semoga semuanya menjadi semakin peduli dengan pentingnya kebersihan lingkungan dan kesehatan, karena ini merupakan tanggung jawab bersama,” harapnya.

Sementara itu, pedagang Pasar Selomerto dan masyarakat sangat berterima kasih kepada Kodim, Polres, dan juga Pemda yang sudah melaksanakan karya bakti ini, karena dengan kegiatan seperti ini dapat menunjukan kepada masyarakat tentang pentingnya lingkungan yang bersih. "Kami sangat malu melihat Dandim dan Kapolres tidak canggung dan sungkan masuk selokan membersihkan saluran disekitar rumah kami," ujar Budi. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.