Puluhan Pelajar Antusias Ikuti Simulasi Pemilu



Relawan demokrasi basis keagamaan Tri Utoro berfoto bersama usai memberi pembekalan terhadap sebanyak 60 siswa-siswi SMA/SMK/MA mengikuti kegiatan sosialisasi pemilu di Aula Kantor Kesbangpol Wonosobo, Kamis (14/3) kemarin.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Sebanyak 60 siswa-siswi SMA/SMK/MA mengikuti kegiatan sosialisasi pemilu yang digelar oleh relawan demokrasi basis keagamaan di Aula Kantor Kesbangpol Wonosobo, Kamis (14/3) kemarin. Sejumlah materi, seperti tata cara mencoblos kartu suara, tatacara melipat kartu suara sampai memasukkan kembali ke kotak suara diberikan oleh narasumber tunggal Tri Utoro.

Menurutnya, siswa yang merupakan pengurus Kesatuan Aksi Pelajar Anti Narkoba tersebut, diberikan pemahaman, agar nantinya mereka tak lagi kebingungan ketika hendak menyalurkan hak suara di TPS masing-masing. “Sosialisasi juga menyangkut materi-materi untuk meningkatkan kesadaran pelajar terhadap potensi dan bahaya berita bohong (hoax) terutama terkait dengan pemilu,” tuturnya.

Pemilu 2019, disebut Tri Utoro sangat berbeda dengan pemilu-pemilu sebelumnya, mengingat pada tanggal 17 April mendatang, warga yang telah memiliki hak pilih akan dihadapkan pada lima lembar kertas suara, yaitu untuk Pemilihan Presiden-Wakil Presiden, Pemilihan Dewan Perwakial Rakyat (DPR) RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota serta kartu suara untuk memilih DPD (Dewan Perwakilan Daerah)

Dari sisi kerumitan, pemilihan umum dinilai sangat rentan terjadi ketidakpahaman pemilih karena banyaknya kertas suara tersebut. Melalui sosialisasi tersebut, para pelajar, diharapkan akan mampu menyebarluaskan informasi yang benar mengenai pemilu, sehingga kelak tingkat partisipasi masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya bisa meningkat.

“Sebagai pemilih pemula, saya tekankan agar pelajar tidak golput, dan dapat memberikan sosialisasi di lingkungan sekitarnya sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih,” terang Tri. Melihat antusiasme para pengurus KAPA tersebut, ia sebagai relawan demokrasi mengaku optimis mereka akan dengan sadar turut menyukseskan pemilu 2019. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.