Puluhan Pelaku UMKM Dapat Pelatihan Bisnis Mikro


BERI PAPARAN : Salah satu trainer memberikan paparannya dalam kegiatan pelatihan simulasi bisnis mikro UMKM (Micro Business Simulation) di Rumah Makan Kampoeng Sawah Temanggung sejak Selasa-Rabu (5-6/3) kemarin.

TEMANGGUNG (FOKUSSABA)- Bank Jateng Cabang Temanggung terus menunjukkan komitmennya mendukung kemajuan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayahnya. Untuk meningkatkan kapasitas pelaku usaha, pelatihan simulasi bisnis mikro UMKM (Micro Business Simulation) di Rumah Makan Kampoeng Sawah Temanggung sejak Selasa-Rabu (5-6/3) dengan menjangkau sebanyak 24 pelaku usaha.

Pemimpin Bank Jateng Cabang Temanggung, Dedi Satriyana mengungkapkan, pelatihan simulasi bisnis mikro UMKM yang dilakukan selama dua hari tersebut berbentuk pelatihan manajemen keuangan berupa simulasi atau praktek dalam perhitungan keuangan usaha. Tools yang digunakan dari Jerman dengan sejumlah peralatan yang digunakan.

Antara lain berupa buku panduan, selembar kertas besar untuk perhitungan, dan koin yang biasa disebut cuila. Diharapkan dengan praktek yang dipandu trainer Ardy Baskoro Wicaksono dari Bank Jateng Cabang Batang dan Laila Amalia Rahma dari Bank Jateng Cabang Wonosobo tersebut, bisa memberi pemahaman bagi UMKM pentingnya keuangan usaha dan pemisahan keuangan pribadi dan keuangan usaha.

Sementara salah satu Trainer Pelatihan Micro Simulation Bisnis Ardy Baskoro Wicaksono menyampaikan materi yang disampaikan ada delapan babak selama dua hari. Setiap harinya dua babak simulasi dipraktekkan. Simulasi ini dibuat secara berkelompok. Materi yang diajarkan merupakan adopsi materi dari Bank Daerah Jerman yaitu Finanz Gruppe.

Materi itu telah disesuaikan dengan kondisi dan culture pelaku usaha di Jawa Tengah. Di mana materi tentang perhitungan keuangan usaha meliputi pencatatan transaksi, perhitungan laba rugi dan perhitungan perubahan modal. "Dengan pelatihan seperti ini tentu untuk melatih para pelaku usaha agar mampu mengelola keuangan secara baik. Agar bisa membesakan antara keuangan pribadi dan usaha," beber dia.

Dalam pelatihan tersebut para pelaku UMKM juga diberikan simulasi bagaimana mengelola modal, laba, dan mendiversifikasikan usaha. Sebagian besar peserta, belum begitu memahami terkait dengan diversifikasi usaha dari yang mereka lakukan. Dalam simulasi pengelolaan keuangan UMKM tersebut, pihaknya juga akan bersosialisasi bagaimana mendapatkan kredit usaha di Bank Jateng. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.