Ratusan Relawan Bersihkan Sampah Kegiatan Harlah dan Haul Kurang dari Satu Jam


Sejumlah relawan dari Banser, IPNU-IPPNU Wonosobo melakukan pembersihan sampah di komplek Alun-alun Wonosobo, kemarin.


WONOSOBO (FOKUSSABA)- Ratusan relawan yang terdiri dari Banser serta Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama-Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Kabupaten Wonosobo, digerakkan untuk membersihkan Alun-alun Wonosobo, pasca kegiatan Harlah NU ke 96 serta Haul ke 113 Kiyai Raden Abdul Fatah yang merupakan Tokoh NU pendiri Pesantren pertama di Wonosobo, Rabu (27/3) siang.

Menurut salah satu relawan yang juga Ketua IPPNU Wonosobo, Laelatus Soraya pihaknya mengerahkan 50 kader IPNU-IPPNU untuk membersihkan Alun-alun. Hal itu sesuai dengan arahan panitia Harlah dimana kebersihan merupakan hal yang perlu diperhatikan dalam kegiatan tersebut. Selain itu, Ela menyebut peran guru atau ustadz dalam memberikan ilmu tentang kebersihan dimana masyarakat mengenal slogan kebersihan sebagian dari iman.

Hal itu juga menurutnya perlu dipraktikkan dalam kegiatan itu. Hasilnya, tidak kurang dari satu jam Alun-alun yang biasanya kotor dan penuh sampah setelah kegiatan dilaksanakan, dapat kembali bersih seperti semula. Pihaknya berharap, masyarakat dapat sadar terhadap pentingnya kebersihan, serta berani memulai dari dirinya sendiri untuk beraksi tanpa harus menunggu perintah dari orang lain.

Ela menilai, apabila kesadaran tentang pentingnya kebersihan dapat terbangun dari diri masyarakat, bukan tidak mungkin, Wonosobo dapat kembali meraih penghargaan Adipura Kencana seperti sebelumnya. Diimbau, masyarakat tetap menjaga lingkungan agar tetap bersih dalam setiap penyelenggaraan kegiatan apapun. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.