Siswa SMP Negeri 1 Kertek Pamerkan Hasil Kreasi Seni


Sejumlah seniman Wonosobo dan Yogyakarta melihat hasil seni rupa siswa SMP Negeri 1 Kertek, Wonosobo.

KERTEK (FOKUSSABA)- Pagelaran seni menjadi salah satu wadah kreativitas anak di bidang seni yaitu seni rupa, tari dan musik. Tiga komponen seni disajikan dalam satu kemasan yang oleh peserta didik SMP Negeri 1 Kertek kemudian dikembangkan sendiri-sendiri. Masing-masing kelas didesain menjadi tempat untuk menampilkan hasil karya seni rupa. Hebatnya anak-anak seusia mereka dapat menyulap ruang kelas menjadi ruang galeri seni.

Pagelaran seni itu sengaja digagas Guru Seni Rupa SMP Negeri 1 Kertek, Nunung Prawoto dengan mengundang beberapa seniman dari Wonosobo, bahkan Yogyakarta untuk ikut memberikan apresiasi seni yang disuguhkan anak-anak didiknya. Mereka sangat kagum dengan kreativitas anak sekolah tersebut. Mereka banyak memberikan nasehat dan sanjungan kepada anak-anak SMP Negeri 1 Kertek.

Secara kebetulan, seniman-seniman yang hadir pada acara ini sebagian besar adalah para alumni dari sekolah itu, di antara mereka yaitu Bonardi, Awi, Arif, Jati Wegig Munandar, Dwi Sujarwo, Ugi Sugiharto. Nunung menyampaikan bahwa pagelaran seni tahun ini adalah yang kedua kalinya. Menurut dia kreativitas anak tahun ini lebih bagus daripada tahun yang lalu. Karena setiap kelas menampilkan hasil karya dengan konsep yg berbeda beda.

Ada yang menonjolkan budaya Jawa, musim salju di Eropa, bahwa ada yg mengangkat konsep menyeramkan yaitu dengan mensetting kelas menjadi rumah hantu. Dalam pagelaran seni ini anak tidak hanya diajari bagaimana cara menyajikan hasil karya seninya masing-masing, tetapi juga diajari bagaimana cara mengkoordinir kerjasama kelas yang baik, sehingga tersaji pameran yg membuat kagum para pengunjung.

Untuk meramaikan suasana maka adik-adik kelasnya diundang untuk menyaksikan karya seni mereka. Jadwal kunjungan adik kelas diberikan pada saat jam istirahat. Mereka secara bergantian melihat hasil karya kakak kelasnya secara tertib. Untuk memberikan apresiasinya maka siswa kelas VII dan VIII yang berkunjung diberi tugas untuk mencatat dan memberikan komentar terhadap karya yg mereka lihat.

Kunjungan ini sekaligus juga untuk memberikan wawasan agar kelak ketika mereka sudah berada di kelas IX sudah punya gambaran untuk bisa menyajikan atraksi seni yg lebih bagus. Menurut salah satu seniman yang menyaksikan pagelaran, hal ini perlu dicontoh oleh sekolah-sekolah lain agar anak anak SMP di kabupaten Wonosobo bisa diketahui bakat bakat seninya dari remaja.

Mereka menyarankan kepada siswa agar jangan takut menekuni bidang seni, karena saat ini masyarakat telah dapat memberikan pengakuan yang tinggi terhadap dunia seni terutama seni lukis. Mereka bahkan dengan bangga menyampaikan kepada anak-anak bahwa para seniman saat ini betul-betul bisa eksis dengan penghasilan yang lumayan besar. Semua bidang kehidupan butuh sentuhan seni agar lebih indah.

Senada, Kepala SMP Negeri 1 Kertek, Teguh Imam Prabowo menambahkan pagelaran seni itu sengaja dilaksanakan dalam rangka pengambilan nilai ujian praktik Mata Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan (SBK). Selain seni rupa, turut ditampilkan seni tari dan seni musik. "Melalui gelaran ini kami ingin menumbuhkan minat bakat anak-anak didik kami dalam hal seni. Semoga mereka selalu mengasah kreativitas mereka dalam seni," harapnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.