Tim WHO Lakukan Pengecekan ODF di Wonosobo


Tim WHO melakukan verifikasi kawasan ODF di Dusun Losari dan Gumingsir, Desa Purbosono, Kecamatan Kertek, Wonosobo, belum lama ini.

KERTEK (FOKUSSABA)- Tim World Health Organization (WHO) dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) Mister Donald dan Mister Daren melakukan verifikasi kawasan Open Defecation Free (ODF) di Dusun Losari dan Gumingsir, Desa Purbosono, Kecamatan Kertek, Wonosobo, belum lama ini.

Tim WHO disambut baik Pemerintah Kecamatan Kertek dan Koramil 06/Kertek, saat melakukan verifikasi di beberapa titik. Dalam wawancaranya Tim WHO tersebut menyebutkan mereka merasa bangga dengan adanya jambanisasi di Desa Purbosono karena melihat antusiasme masyarakat bahu membahu membuat jamban.

Babinsa Koramil 06/Kertek, Koptu Ihsan Ngadi berpendapat walaupun mereka datang dari jauh, tetapi mereka masih sangat bersemangat dalam melakukan pengecekan di wilayah binaannya. “Saya berharap semoga mereka dapat melihat betapa antusiasnya warga dalam membuat jamban, sehingga Mister Donald dan Mister Daren dapat lebih semangat untuk turut serta mensukseskan program ODF di wilayah-wilayah lain," ujarnya

Ia berpesan kepada Tim WHO lebih memperhatikan masalah-masalah seperti ODF ini, karena jika program ODF diterapkan di seluruh dunia, maka dapat dipastikan akan banyak penyakit yang lama kelamaan hilang. Sebab sejatinya bibit penyakit lebih banyak muncul melalui pembuangan, baik itu pembuangan limbah maupun feses.

Kepala Desa Purbosono, Gono Sunoto mengucapkan terimakasih kepada Mister Donald dan Mister Daren yang telah memperhatikan program ODF di desanya dan rela menempuh perjalanan jauh. Dirinya berharap Desa Purbosono dapat menjadi salah satu contoh Desa yang berhasil mensukseskan Program ODF. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.