Unit K9 dan Polsek Kertek Lakukan Sterilisasi dan Jaga Ketat Pura Giri Mulyo

Unit K9 (Satwa) Satuan Sabhara Polres Wonosobo diterjunkan melakukan sterilisasi di lokasi tempat ibadah umat Hindu yang akan melakukan prosesi Nyepi, di Pura Giri Mulyo di Dusun Jurangjero, Desa Candiyasan, Kecamatan Kertek, Kamis (7/3) kemarin.

LAKUKAN STERILISASI : Petugas kepolisian dan Unit K9 melakukan sterilisasi lokasi Pura Giri Mulyo di Dusun Jurangjero, Desa Candiyasan, Kecamatan Kertek, Kamis (7/3) kemarin.

KERTEK (FOKUSSABA)- Satuan Sabhara Polres Wonosobo menerjunkan Unit K9 (Satwa) untuk melakuan sterilisasi di lokasi tempat ibadah umat Hindu yang akan melakukan prosesi Nyepi, Kamis (7/3) kemarin. Hari Raya Nyepi merupakan perayaan umat hindu yang pada tahun ini memang jatuh pada Kamis tanggal 7 maret 2019.

Kepala Satuan Sabhara Polres Wonosobo AKP Agus Priyono mengungkapkan, dalam menjaga keamanan perayaan ibadah agama Hindu, Polres Wonosobo juga menyiagakan anggotanya seperti dalam perayaan Natal maupun Idul Fitri. Sebanyak 50 orang umat hindu melakukan sembahyang Catur Bhrata dengan aman di wilayah Pura Giri Mulyo di Dusun Jurangjero, Desa Candiyasan, Kecamatan Kertek.

"Kegiatan ibadah diikuti sekitar 50 orang. Catur Brata dimulai pada Rabu (6/3) pukul 18.00 sampai Kamis (7/3) pukul 18.00. Dalam pengamanan pelaksanaan perayaan Nyepi dibantu oleh Satua Sabhara Polres Wonosobo yang menerjunkan unit sterilisasi dari unit K9 (Satwa). Sebelum acara dimulai sudah dilakukan sterilisasi di dua Pure," ungkap Kapolsek Kertek AKP Sigit Prastyanto.

Menurut dia, pertama dilakukan di Pura Songgobuono di Dusun Purwosari, Desa Reco, dan Pura Giri Mulyo di Dusun Jurangjero, Desa Candiyasan. Karena kegiatan dipusatkan di Pura Giri Mulyo, pengamanan dipusatkan di sana. Sedangkan di Sure Songgobuono dilaksanakan patroli.
“Bentuk pengamanan sedikit berbeda, setelah dilakukan strerilisasi dan bertemu pemuka agama," beber dia.

Karena, kata dia, anggota melaksanakan patroli di sekitar pure, baik siang maupun malam hari dengan berjalan kaki beserta warga sekitar. Hal tersebut untuk menghormati kegiatan Nyepi umat Hindu. "Alhamdulilah sampai acara Nyepi berahir keadaan aman terkendali,” tuturnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.