Dari Rasa Syukur hingga Nadzar, Pemuda Kuncen Temanggung Cukur 01


AKSI CUKUR 01: Peserta melakukan aksi cukur 01 untuk merayakan kemenangan pasangan nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf di Dusun Kuncen, Desa Badran, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, Rabu (17/4) petang.

UNTUK merayakan kemenangan pasangan calon Presiden-Wakil Presiden Nomor Urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, puluhan masyarakat Dusun Kuncen, Desa Badran, Kecamatan Kranggan, Kabupaten Temanggung, melakukan aksi cukur rambut membentuk huruf 01 atau 1. Mereka juga mengelar konvoi di jalan komplek perumahan menggunakan sepeda ontel dan motor sembari bernyanyi 'Jokowi lagi.... mas. Jokowi lagi.'

Mereka kemudian berkumpul di sekitar masjid kampung setempat dan melakukan aksi cukur 01 pada Rabu (17/4) petang. Menurut tokoh pemuda Dusun Kuncen Desa Badran, Hadi Purnomo, di dusun setempat, pasangan Jokowi-Ma'ruf meraih kemenangan telak atas pasangan calon 02, Prabowo Subianto-Sandi Salahuddin Uno. Di dusun setempat Jokowi-Ma'ruf mampu meraup 533 suara.

Sementara untuk pasangan calon 02, Prabowo-Sandi di wilayah itu hanya mendapatkan 182 suara. "Di sini, kita menang telak hampir 75 persen. Mayoritas masyarakat sini memang mendukung dan selalu mendoakan agar Jokowi bisa menjabat dua periode. Sebagai wujud syukur kami sengaja melakukan konvoi simpatik dan aksi cukur 01 secara bersama-sama," tutur pria yang karib disapa Itok itu kepada awak media.

Dijelaskan, selain kemenangan di Dusun Kuncen, berdasarkan hasil quick count lembaga survei kredibel, secara nasional Jokowi-Ma'ruf juga meraih kemenangan. Meski, dengan angka yang masih berbeda-beda, lantaran data yang ada belum sepenuhnya masuk. "Rata-rata di quick count menang di angka antara 52 persen - 55 persen. Kami tentu sangat bersyukur, karena Jokowi memang lahir dari rakyat dan untuk rakyat," jelas dia.

Sementara ‎seorang peserta cukur rambut, Tens Marunda, mengatakan para pemuda bersemangat merayakan kemenangan Jokowi-Ma'ruf di kampung setempat. Menurutnya, kemenangan ini perlu dirayakan dan disyukuri. "Kita rela dicukur rambutnya, membentuk angka 01, sebagai ungkapan rasa syukur atas kemenangan ini. Ada 10 pemuda yang rela cukur membentuk angka 01 atau 1 ini," ucap pemuda, yang karib disapa Indra ini.

Dituturkan, mereka sama sekali tak mendapat bayaran dari tim sukses atau dari pihak lain, guna mengikuti aksi cukur rambut 01 tersebut. "Ini murni karena kecintaan masyarakat terhadap Jokowi. Pak Jokowi bisa menjadi pemimpin yang bisa dijadikan panutan, presiden yang merakyat dan sederhana," tuturnya. Hal itu juga diamini peserta cukur 01 lainnya yang bernama Dwi Wahyu.

Dia menuturkan, ia sedari masa awal kampanye sudah menjagokan kemenangan Jokowi. Bahkan, ia bernadzar akan cukur rambut dan membentuk angka 01. "Saya pemilih milenial bersyukur atas kemenangan Jokowi. Sebelumnya saya memang bernadzar akan cukur 01 bila Jokowi-Ma'ruf menang," ucap pemilih pemula ini. Usai cukur 01, para pemuda menggelar konvoi sepeda onthel keliling kampung. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.