Dihantam Tanah Longsor, Roboh Rumah Kusmadi Jebol


Kondisi rumah Kusmadi warga Desa Watumalang RT 04 RW 02 Kecamatan Watumalang yang mengalami jebol dan sejumlah bagian rumah rusak akibat tanah longsor, kemarin.

WATUMALANG (FOKUSSABA)- Hujan deras menyebabkan bencana alam tanah longsor di wilayah Kecamatan Watumalang, Wonosobo, Senin (1/4) petang kemarin. Bencana tanah longsor mengakibatkan tembok rumah bagian samping milik Kusmadi warga Desa Watumalang RT 04 RW 02 Kecamatan Watumalang mengalami jebol dan sejumlah bagian rumah rusak. Beruntung tidak ada korban atas kejadian itu.

Kepala Desa Watumalang Joko mengungkapkan sebelum tanah longsor terjadi sejak Senin (1/4) sore, hujan dengan intensitas tinggi mengguyur kampung tersebut hingga malam. Setelah hujan reda sekitar pukul 23.00, terjadi tanah longsor yang berada di samping rumahnya milik Kusmadi. "Longsor mengakibatkan tembok bagian samping ambrol seketika," ujarnya.

Pihaknya mengaku prihatin dengan kejadian tanah longsor yang menimpa rumah milik Kusmadi. Atas kejadian itu, Pemerintah Desa Watumalang bersama warga dan relawan Watumalang melakukan gotong royong membersihkan material tanah yang ada pada rumah korban. "Kami menghimbau kepada semua warga untuk selalu waspada dan tetap berhati-hati dengan cuaca ekstrim, kemungkinan besar masih ada curah hujan yang tinggi lagi," tutur Joko.

Sementara Kepala Seksi Trantib Kecamatan Watumalang Oni Wiyono menyampaikan kejadian tanah longsor yang menimpa rumah milik warga sangat memprihatinkan. Pihaknya sangat bersyukur dalam peristiwa itu tidak ada korban jiwa, namun kerugian material diperkirakan sekitar Rp 10 juta. "Kami memfasilitasi bantuan kemanusiaan ke organisasi perangkat daerah (OPD) terkait," ujarnya.

Mengingat cuaca dan iklim dengan curah hujan tinggi, pihaknya berharap masyarakat selalu waspada terutama kepada pemilik rumah yang berdekatan dengan tebing. "Wilayah Watumalang rawan terjadi longsor, jadi harus selalu waspada dan berhati-hati atas kerawanan longsor," ungkapnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.