Distribusi Logistik Awal Diprioritaskan untuk Wilayah Terjauh


ANGKUT LOGISTIK : Petugas mengangkut logistik pemilu ke truk untuk diantarkan ke sejumlah kecamatan dengan lokasi wilayah terjauh dari kantor KPU Temanggung, Rabu (10/4) sore.

TEMANGGUNG (FOKUSSABA)- Logistik Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) dalam Pemilu Serentak tanggal 17 April 2019 mulai didistribusikan, Rabu (10/4) kemarin. Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Muhammad Yusuf Hasyim menyebutkan, pengiriman hari pertama logistik diperioritaskan untuk enam kecamatan yang terjauh.

"Mulai hari ini kami mendistribusikan logistik untuk Kecamatan yang paling terjauh dari KPU. Ada enam kecamatan yakni Kecamatan Tretep, Bejen, Wonoboyo, Selopampang, Kledung dan Kecamatan Bansari. Enam kecamatan itu secara geografis posisinya paling jauh dari KPU, jadi kami sengaja dahulukan. Kami targetkan distribusi logistik untuk enam kecamatan itu selesai hari ini (kemarin),” unngkapnya.

Menurut dia logistik yang didistribusikan ke panitia pemilihan kecamatan (PPK) diantaranya, kotak suara dan bilik suara. Sedangkan jumlah kotak suara dan bilik suara sesuai dengan jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang ada dimasing-masing Kecamatan. “Sesuai dengan kebutuhan Kecamatan masing-masing, distribusi dilakukan dengan mengunakan lima armada truk,” terangnya.

Sedangkan untuk isi dari kotak suara sendiri sebut Yusuf, diantaranya, surat suara, lampiran C, lampiran C1 berhologram, dan beberapa perlengkapan lainnya yang wajib ada saat pelaksanaan pencoblosan pada 17 April mendatang. Ia mengatakan, sebelum logistik didistribusikan ke tingkat Kecamatan, logistik tersebut di seting dan disortir terlebih dahulu, bahkan untuk sortir dilakukan dua tahap.

Upaya ini dilakukan agar logistik yang didistribusikan sesuai dengan jumlah disetiap kecamatan. “Selain melibatkan 350 orang pekerja lepas, sortir juga dilakukan oleh staf dan jajaran KPU,” terangnya. Dikatakan, untuk seting logistik ke dalam kotak suara, pihaknya melibatkan langsung PPK dari masing-masing Kecamatan. Seting logistik sendiri di lakukan langsung di lapangan tenis indoor komplek Gor Bambu Runcing Temanggung.

“PPK kami libatkan langsung, mereka lebih paham dan mengetahui data dan kebutuhan dikecamatan mereka,” terangnya. Dia mengakui, dengan kapasitas yang sangat terbatas, maka seting logistik sendiri tidak bisa dilakukan serentak 20 Kecamatan secara langsung, namun terjadwal sesuai dengan kondisi geografis dari kecamatan. “Longistik yang sudah komplit langsung didistribusikan ke Kecamatan,” katanya.

Yusuf menambahkan, sedangkan untuk distribusi ke desa atau Panitia Pemungutan Suara (PPS) maksimal dilakukan pada H-1 pencoblosan. “Semua logistic sudah harus di PPS sebelum hari H pelaksanaan Pencoblosan,” tegas dia. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.