Inovasi di Jalur Tengkorak Kledung-Kertek, Jadikan Wonosobo Masuk Nominasi WTN


Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Wonosobo Bagyo Sarastono bersama pimpinan Kementerian Perhubungan Republik Indonesia saat penyampaian anugerah wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2019.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Pemerintah Kabupaten Wonosobo masuk nominasi penerima anugerah wahana Tata Nugraha (WTN) Tahun 2019. Anugerah WTN, seperti dijelaskan Kepala Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan, Bagyo Sarastono merupakan penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Republik Indonesia kepada kota-kota yang mampu menata transportasi publik dengan baik.

Untuk Tahun 2019, Bagyo mengaku optimis Wonosobo mampu meraihnya karena sejumlah alasan. "Berbagai inovasi dalam pengelolaan transportasi sudah kita lakukan, diantaranya menjadikan jalur tengkorak Kledung-Kertek yang selama ini rawan, sekarang sudah padhang jembrang, alias terang benderang dengan pemasangan lampu penerangan jalan umum yang memadai,” jelas Bagyo ketika dihubungi via sambungan telpon, Sabtu (27/4).

Selain itu, Bagyo juga menyebut inovasi berupa terminal keselamatan di jalur yang sama untuk mengantisipasi terjadinya kecelakaan fatal karena kondisi buruk rem kendaraan. Belum lama ini, Dinas Perkimhub disebut Bagyo telah melakukan survey untuk penetapan titik Terminal Keselamatan Jalan, demi mengurangi kecelakaan berkendaraan khususnya jalur Tengkorak Sindoro-Sumbing atau Kledung-Kertek.

Nantinya, di setiap terminal keselamatan jalan tersebut kendaraan akan dipasang alat pendeteksi dini sebagai bagian dari early warning system, agar segera diketahui apabila terjadi kerusakan atau mal fungsi di bagian vital kendaraan, seperti rem maupun kampas koplingnya. Kemudian, rencana untuk study kelayakan (Feasibility Study) LRT Wonosobo menuju Dieng pola KPBU juga diakui Bagyo menjadi salah satu unggulan dalam penilaian WTN 2019.

Ketiga inovasi tersebut, menurut Bagyo menjadi daya tarik bagi dewan juri, termasuk dari BPTD X Jateng-DIY yang menilai tim Dinas Perkimhub Kabupaten Wonosobo kompak dalam menjawab berbagai pertanyaan. Dalam penilaian tersebut, Bagyo mengungkap tim Dinas Perkimhub Kabupaten Wonosobo diwakili Sekretaris Dinas, Joko Widodo, Kepala UPT PKB dan Penguji Kendaraan serta sejumlah pejabat lainnya.

Sebagaimana dalam WTN sebelumnya, Bagyo juga memohon doa dan dukungan dari masyarakat Wonosobo agar pada 2019 ini, anugerah WTN dapat diraih sebagai bagian dari pertanggungjawaban kinerja kepada pemerintah Kabupaten dan seluruh warga masyarakat. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.