Puluhan Ribu Surat Suara Rusak Belum Giganti, Logistik KPU Temanggung Baru 85 Persen


SURAT SUARA RUSAK : Ketua KPU Temanggung Muhammad Yusuf Hasyim menunjukkan salah satu surat suara yang mengalami kerusakan karena kertas sobek di kantornya, belum lama ini.

TEMANGGUNG (FOKUSSABA)- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung mencatat, puluhan ribu surat suara untuk Pilpres, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten rusak. Namun demikian, hingga saat ini surat suara pengganti belum turun ke Temanggung. Diharapkan surat suara pengganti tersebut segera turun, guna didistribusikan ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK).

Ketua KPU Temanggung Muhammad Yusuf Hasyim mengungkapkan, pihaknya sudah melaporkan perihal surat suara rusak tersebut kepada KPU RI, namun hingga saat ini memang belum mendapat surat suara pengganti. "Kami berharap segera mendapat ganti, agar bisa segera disetting pada setiap kotak atau TPS dan didistribusikan ke PPK pada H-7," ungkapnya, kemarin.

Menurut dia, surat suara rusak pada Pemilihan Presiden-Wakil Presiden (Pilpres) serta Pemilihan Legislatif (Pileg) baik untuk tingkat DPR RI, DPRD provinsi dan DPRD kabupaten, sebanyak 22.951 surat suara. Masing-masing, pada surat suara Pilpres sebanyak 12.847 lembar, surat suara DPRD Kabupaten Temanggung sebanyak 4.395 lembar.

Selanjutnya, surat suara untuk DPR RI Daerah Pemilihan Jawa Tengah (Dapil Jateng) VI sebanyak 3.370 lembar. Dan surat suara untuk DPRD Provinsi Jateng sebanyak 2.339. Total surat suara rusak mencapai 22.951 lembar. Kerusakan antara lain karena ada bagian yang sobek, cetakan tak begitu jelas atau pudar warnanya, serta adanya bercak-bercak tinta tinta yang mengganggu.

Sementara pada surat suara DPD RI terdapat puluhan lembar rusak. Namun, hingga saat ini pihaknya belum mendapat data pasti karena saat ini KPU Temanggung masih melaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilihan DPD RI. Hal ini karena surat surata DPD RI baru datang beberapa hari lalu, sehingga masih dalam tahap penyortiran dan pelipatan.

Dijelaskan, pengadaan logistik untuk pelaksanaan Pemilu Serentak pada tanggal 17 April 2019 di KPU Kabupaten Temanggung, saat ini baru mencapai sekitar 85 persen. Secara umum lima jenis surat suara, terdiri atas surat suara untuk pemilihan presiden dan wakil presiden, DPD, DPR RI, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten sudah diterima.

Namun, setelah dilakukan penyortiran ternyata ditemukan ada yang cacat atau rusak dan harus diganti. "Surat suara yang rusak tersebut sudah kami laporkan ke KPU RI, termasuk kekurangan kotak suara sebanyak 80 buah. Saat ini KPU Temanggung melaksanakan penyortiran dan pelipatan surat suara untuk pemilihan DPD yang telah datang beberapa hari lalu," beber dia.

Menurutnya, antusiasme petugas untuk menyortir dan melipat surat suara masih tetap tinggi meskipun mereka sudah beristirahat sekitar dua minggu, setelah yang terakhir mereka menyortir dan melipat surat suara untuk DPRD kabupaten. "Sebanyak 350 petugas sortir dan lipat datang semua dan kami targetkan penyortiran dan pelipatan surat suara DPD bisa selesai Selasa (2/4)," tuturnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.