Tahukah Anda Mengapa Nilai-nilai Luhur Pancasila Menurun, Ini Jawaban Dandim Wonosobo


Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli memberikan pembinaan tentang pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila kepada semua komponen bangsa.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Komandan Kodim 0707/Wonosobo Letkol Czi Fauzan Fadli memberikan pembinaan tentang pentingnya penanaman nilai-nilai Pancasila kepada semua komponen bangsa. Hal ini disampaikan kepada anggota Persatuan Purnawirawan Angkatan Darat (PPAD) bertempat di Aula Pepabri Wonosobo. Kegiatan terselenggara bekerjasama dengan Kantor Kesbangpol Wonosobo, Senin (29/4) siang.

Menurut dia, sebagai Purnawirawan merupakan aset bangsa, menjadi tokoh di masyarakat. Untuk itu perlu mengetahui persoalan permasalahan yang terjadi di negeri ini. Setelah purna tugas bukan berarti selesai dalam pengabdian akan tetapi hanya pindah saja. Situasi saat ini yang berkembang saat ini adalah mulai menurunnya nilai-nilai luhur Pancasila.

Semua elemen masyarakat dipengaruhi yaitu melalui 5 F (Food, Fashion, Film, Fun dan Fantasi). Itu tidak disadari oleh kita semua. Untuk itu kita sebagai elemen bangsa harus bisa memberikan contoh kepada keluarga kita untuk selalu berbuat dan berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila. Dandim Fauzan mengingatkan nilai-nilai luhur Pancasila digali dari bangsa Indonesia sendiri.

Para leluhur kita sudah merumuskan nilai tersebut dengan sangat cermat dan teliti. Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sangat komplek, baik dari segi agama, adat istiadat, budaya, bahasa, jumlah penduduk yang besar, wilayah yang luas. Itu semua membutuhkan sebuah alat yang bisa menampung atau mewadahi. Dan itu hanya ada dalam Pancasila. Jika Pancasila sampai kita lupakan maka hancurlah bangsa ini.

Nilai-nilai yang ada dalam Pancasila meliputi nilai ketuhanan, nilai kemanusiaan, nilai persatuan dan kesatuan, nilai musyawarah, dan nilai keadilan sosial. Itu merupakan rumusan yang sangat cocok bagi bangsa yang mempunyai kekomplekan di dalamnya. Untuk itu pesan Dandim kepada para anggota PPAD bahwa saat ini kita berjuang membangun negeri ini dengan cara mengatar para generasi penerus.

Hal ini agar generasi tersebut mempunyai nilai-nilai luhur Pancasila sehingga diharapkan jika mereka kelak nanti membangun negeri ini tidak lepas dari nilai tersebut. Eko Riyanto selaku penyelenggara dari Kesbangpol menyampaikan bahwa kegiatan ini sebagai bentuk keprihatinan. Budaya Bangsa Indonesia yang luhur dan arif tersebut sedikit demi sedikit mulai tergerus oleh perkembangan jaman.

Mereka masuk dengan begitu hebatnya. Maka tidak ada kata lain mari kita bersama-sama membangun negeri ini khususnya membangun jiwa bangsa Indonesia melalui penanaman dan pembinaan Pancasila. Dengan harapan Pancasila akan tetap tertanam dalam jiwa semua warga negara. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.