Usaha Kopi Dinilai Menggiurkan, Kopi Nusantara Terus Dikenalkan


Kegiatan Wonosobo Javva Fest yang diselenggarakan Minggu (28/4) dari pukul 10.00-23.00 melayani total 20.000 cup kopi secara gratis.

WONOSOBO (FOKUSSABA)-
Beberapa tahun belakangan ini, kopi menjadi komoditas yang sangat menjanjikan bagi para petani, seiring dengan semakin tingginya permintaan pasar terhadap kopi asal Indonesia. Tentu saja hal ini menjadi peluang yang menggiurkan bagi para pelaku bisnis yang sedang menggeluti usahannya di industri perkopian.

Koordinator Asosiasi Kopi Asli Wonosobo (Askawon) Ahmad Musta'in menyebutkan, melihat trend konsumsi kopi masyarakat lokal dan dunia yang semakin meningkat, Indonesia berpotensi untuk memanfaatkan pola perubahan perilaku dan gaya hidup masyarakat tersebut dengan peluang usaha berbentuk ekspor kopi maupun berbentuk kedai atau cafe.

Dari sektor ekspor, beberapa daerah sudah mampu menunjukan jati diri daerahnya sebagai penghasil kopi terbaik Indonesia yang mampu mengekspor hasil panen kopinya ke berbagai negara di dunia. Sesuai dengan amanat dan semangat Pembangunan Nasional yang berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 33.

"Hal itu untuk mewujudkan masyarakat yang mempunyai kemampuan sebagaimana dimaksud, perlu terjalin hubungan usaha yang baik dan harmonis antara petani penghasil kopi asli daerah Wonosobo dan para pelaku usaha perkopian. Wonosobo adalah salah satu penghasil kopi arabika dan robusta terbaik di Indonesia," ungkapnya, kemarin.

Oleh sebab itu, selaku pelaku pegiat kopi Wonosobo yang tergabung dalam Askawon yang sebagian besar adalah petani kopi di wonosobo dan sekitarnya, berkomitmen meningkatkan kualitas produksi kopi Wonosobo. Sehingga dapat memenuhi kebutuhan kopi di Indonesia pada khususnya dan di dunia pada umumnya, acara ini juga berkolaborasi dengan Komunitas Kopi Nusantara.

Pihaknya memang mencoba memperkenalkan kopi-kopi Wonosobo kepada masyarakat Wonosobo pada khususnya dan masyarakan di luar Wonosobo pada umumnya. Acara Wonosobo Javva Fest diselenggarakan Minggu (28/4) dari pukul 10.00-23.00 melayani total 20.000 cup secara gratis kopi. Itu dibagikan kepada seluruh pengunjung yang berada di kawasan Alun-alun kota Wonosobo.

Hal itu guna mengenalkan kopi-kopi nusantara yang kita sediakan. Acara ini melibatkan 75 brand kopi dari Jakarta, Tangerang, Bogor, Bandung, Cirebon, Indramayu, Semarang, Magelang, Temanggung, Banjarnegara, Bumiayu, Purbalingga, Pemalang, Pati, Surabaya, Sidoarjo, Gresik, Malang, Bali, Solo, Yogyakarta, Purwokerto, dan tentunya Wonosobo.

Kurang lebih 150 barista hadir untuk membagikan kopi-kopi terbaik yang tumbuh di Indonesia. Acara yang dilakukan pertama kali di Kabupaten Wonosobo ini sebagai penanda bahwa di Wonosobo ikut andil dalam komoditi kopi di Indonesia, dan semoga acara ini menjadi rutinitas di Kabupaten Wonosobo ini. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.