Jelang Momen Mudik Lebaran, Puluhan Sopir Bus Jalani Tes Urine, Kelayakan Armada Juga Diperiksa


Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo AKP Putri Nur Cholifah memantau kegiatan pengecekan urine jelang momen mudik Lebaran di kompleks Terminal Mendolo Wonosobo, Sabtu (25/5) siang.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Untuk mengurangi kecelakaan lalu lintas saat momen mudik Lebaran, Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo bersama Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Perhubungan Kabupaten Wonosobo melakukan pengecekan urine kepada puluhan sopir bus di kawasan Terminal Mendolo Wonosobo, Sabtu (25/5) siang.

Satu persatu sopir bus diambil dan dites sampel urinenya oleh Perwira Urusan Kesehatan Polres Wonosobo. Menurut Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Wonosobo AKP Putri Nur Cholifah mengungkapkan, selain pengecekan urine awak bus, cek kesehatan juga dilakukan untuk memastikan para sopir dalam keadaan sehat.

"Kita cek urine sopir, apakah terindikasi mengonsumsi narkoba dan zat aditif lainnya atau tidak. Selain itu kita cek juga kondisi kesehatannya," tutur dia. Setelah pengecekan kesehatan dan urine, armada yang akan digunakan sebagai kendaraan pada momen mudik keluar Wonosobo juga dicek kondisi kelayakannya.

"Kondisi kendaraan juga kami cek bersama dengan Disperkimhub Wonosobo, tujuannya untuk memastikan mudik Lebaran tahun ini lancar dan Zero Accident," lanjutnya. Dari hasil pengecekan, tidak ditemukan sopir yang positif narkoba. Seluruh armada bus juga dipastikan dalam keadaan layak beroperasi di momen mudik-balik Lebaran.

"Seluruh sopir yang kami cek dinyatakan sehat dan negatif narkoba, kendaraan umum juga dipastikan aman, layak dan siap digunakan untuk mudik. Kami minta jangan ada sopir yang mengonsumsi narkoba ataupun minuman keras. Karena mereka akan membawa angkutan penumpang mudik Lebaran maupun penumpang umum, tutup Putri. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.