Para Pengajar Diminta Melek Teknologi serta Awasi Perilaku dan Sikap Peserta Didik


Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyerahkan penghargaan kepada para siswa berprestasi saat momen Hari Pendidikan Nasional di Alun-alun Wonosobo

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Bupati Wonosobo, Eko Purnomo meminta para pengajar mengawasi perilaku dan sikap peserta didiknya di tengah-tengah perkembangan teknologi yang begitu pesat. Para guru juga harus bisa memanfaatkan teknologi sebagai alat ajar yang berkualitas. "Perkembangan teknologi yang semakin canggih, dapat mempengaruhi cara berpikir, berperilaku dan karakter peserta didik," ujarnya.

Hal itu disampaikan Bupati Eko saat menjadi inspektur upacara pengibaran bendera Merah Putih dalam rangka peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2019. Kegiatan diikuti sekitar 7.500 peserta yang terdiri dari ASN perangkat daerah di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Wonosobo, karyawan BUMD, siswa SMP/SMA/SMK sederajat, guru dan tenaga kependidikan di Alun-alun Wonosobo.

Bupati juga ingin para peserta didik memiliki karakter dan jati diri bangsa di tengah perubahan global yang bergerak cepat. "Semua sekolah dan tempat pendidikan juga harus dapat memanfaatkan teknologi sebaik mungkin. Para guru bisa menerapkan pendidikan berbasis teknologi tanpa melupakan budaya Indonesia. Saat ini peserta didik kita didominasi Generasi Z," beber dia.

Dikatakan peserta didik yang terlahir di era digital dan pesatnya teknologi, mereka lebih mudah dan cepat menyerap teknologi terbaru. Hal ini bisa dimanfaatkan oleh sekolah dan para guru untuk menerapkan pendidikan berbasis teknologi digital dengan sentuhan budaya Indonesia melalui tri pusat pendidikan, yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada siswa berprestasi tingkat Nasional/Internasional satu orang, siswa peraih medali emas Popda dua orang, guru berprestasi sembilan orang, kepala desa yang mendukung penyelenggaraan pendidikan kesetaraan 34 orang, kepala desa yang mendukung peningkatan akses dengan menyediakan antar jemput siswa satu orang.

Usai upacara juga dilaksanakan Panggung Gebyar Pendidikan di Alun-alun Wonosobo, dengan menampilkan aksi siswa dan guru dalam seni dan aksi capaian kinerja di bidang pendidikan, serta lomba mewarnai untuk jenjang Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Serta dimeriahkan juga pameran buku hasil karya para guru. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.