Pemkab Temanggung Juara II Penghargaan Pembangunan Daerah 2019


RAIH PENGHARGAAN : Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq bersama para penerima penghargaan berfoto bersama di saat Penghargaan Pembangunan Daerah 2019 di Jakarta, Kamis (9/5) petang.

TEMANGGUNG (FOKUSSABA)- Pemerintah Kabupaten Temanggung kembali menorehkan penghargaan prestisius tingkat nasional. Kali ini penghargaan didapatkan peringkat kedua dalam kategori perencanaan dan pencapaian terbaik tingkat kabupaten dalam ajang Penghargaan Pembangunan Daerah 2019. Penghargaan pembangunan daerah diserahkan Presiden Joko Widodo diterima oleh Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq di Jakarta.

Pelaksana Tugas Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Temanggung, Ripto Susilo mengatakan, selama ini di tingkat Provinsi Jawa Tengah, Temanggung juga belum pernah mendapat nominasi, bahkan cenderung berada pada peringkat bawah. "Baru pertama kali Pemkab Temanggung lolos ke nominasi nasional dan syukur alhamdulillah meraih peringkat kedua untuk tingkat kabupaten," ujarnya.

Menurut dia, hal itu tentu membuat penasaran dan pihaknya terus berupaya memperbaiki segala kekurangan yang ada.
"Kami tugaskan kawan-kawan untuk membenahi semua, kemudian kita ajukan ke tingkat provinsi. Dan saya kaget yang semula ranking 27 dipanggil menjadi 10 besar tahun ini dan akhirnya lolos ke tingkat nasional," ungkapnya saat dihubungi wartawan melalui ponselnya.

Ripto menuturkan, setelah masuk nasional, kemudian diumumkan ada 19 kabupaten dari 514 yang lolos tahap tiga untuk penilaian dokumen tingkat nasional. "Dengan judul Musrenbang (Musyawarah Perencanaan Pembangunan-red) Kami Beda, kami ekspos di Jakarta, kemudian masuk 10 besar. Dengan "Musrenbang Kami Beda" pemerintah daerah memberikan jaminan bahwa hasil musrenbang 99 persen muncul di APBD," bebernya.

Atas hal itu, usulan dari bawah artinya tidak akan hilang, karena ada pagu umum dan pagu tematik dan uang itu ada di tingkat kecamatan. Sementara itu, Kepala Sub Bidang Perencanaan dan juga Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Rencana Kegiatan Pembangunan Daerah (RKPD) 2019 Bappeda Kabupaten Temanggung Dwi Sukarmei mengatakan penghargaan ini bukan hanya karya Bappeda Temanggung sendiri.

"Penghargaan ini berkat dukungan luar biasa dari kawan-kawan semua dari musrenbang desa/kelurahan hingga musrenbang kecamatan. Sampai mensinkronkan antara usulan kecamatan dengan organisasi perangkat daerah (OPD) teknis pengelola harus menerima musrenbang itu menjadi penting, kemudian kasubbag perencanaan OPD juga luar biasa," ungkapnya menambahkan. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.