Sebanyak 75 Penerima Manfaat Selesai Rehabilitasi, Para Orang Tua dan Wali Diberi Pelatihan


Kepala BBRSPDI Kartini Temanggung, Muhardjani secara simbolis mengalungkan piagam tanda kelulusan sebanyak 75 penerima manfaat di aula gedung BBRSPDI Kartini Temanggung belum lama ini.

TEMANGGUNG (FOKUSSABA)- Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung melaksanakan parent training dan penyaluran penerima manfaat kepada wali murid sebanyak 75 penerima manfaat. Pemberian pelatihan kepada orang tua diharapkan dapat menjadi bekal mereka untuk memberikan pengarahan, bimbingan dan mendampingi putra-putri mereka.

Kepala BBRSPDI Kartini Temanggung, Muhardjani mengungkapkan, terdapat 75 penerima manfaat dinilai sudah berhasil menjalani pelatihan dan pendampingan atau rehabilitasi di lembaganya. Sebelum mereka dilepas, para orang tua sengaja diberikan pelatihan selama sehari, untuk kemudian dilanjutkan dengan prosesi penyaluran penerima manfaat. "Mereka ya dilepas, masing-masing mendapat bantuan Rp 2 juta," ungkapnya.

Menurut dia, kegiatan pelatihan kepada para orang tua wali penerima manfaat, dilakukan dengan menyasar sebanyak 95 perwakilan masing-masing penerima manfaat. "Dengan kegiatan parent training dan penyaluran ini, diharapkan dapat memberikan pelatihan kepada orang tua penerima manfaat yang telah selesai mengikuti rehabilitasi sosial, khususnya," beber dia.

Dengan adanya pelatihan, memang diharapkan para orang tua penerima manfaat dapat meningkatkan keterampilan keluarga dalam berperan sebagai fasilitator, pembimbing, pendidik dan instruktur. Selain itu memperkenalkan informasi yang penting terkait dengan kemampuan penerima manfaat purna rehabilitasi kepada orang tua. Selain itu menyerahkan kembali penerima manfaat yang telah dinyatakan selesai rehabilitasi sosial.

"Karena sudah selesai dan kami anggap sudah mumpuni, penerima manfaat kami kembalikan kepada orang tua atau wali mereka masing-masing. Kami juga memberikan kepastian tentang batas waktu penerima pelayanan dalam lembaga, serta memberikan pendampingan penerima manfaat purna rehabilitasi sosial dalam memperoleh pekerjaan di unit-unit usaha," jelas dia.

Kepala Bidang Penyaluran dan Bimbingan Lanjut (PBL) BBRSPDI Kartini Temanggung, Ambarina Murdiati menambahkan, sebanyak 75 penerima manfaat yang dinyatakan telah selesai menjalani rehabilitasi sosial telah dikembalikan ke orang tua mereka masing-masing. Mereka tersebar di sejumlah wilayah di pelosok tanah air. "Total ada sekitar sembilan provinsi, tempat asal mereka. Terbanyak di Jawa Tengah," ujarnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.