Selama Ramadan, Anggota Polres Wonosobo Digembleng Membaca Al Quran


Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras saat memantau anggotanya yang mengikuti program Polisi Ngaji di di Masjid Al Mujahidin komplek Asrama Polres Wonosobo, kemarin.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Sebagai upaya untuk meningkatkan amal ibadah Ramadan dan kajian Al Quran bagi para Anggotanya, Polres wonosobo selama Bulan Suci Ramadan ini melakukan kegiatan program Polisi Ngaji bagi ratusan personilnya. Para anggota yang belum mahir membaca Al Quran akan diajarkan membaca Al Quran. Sementara yang sudah mahir membaca, akan terus ditingkatkan bacaannya.

Kapolres Wonosobo AKBP Abdul Waras menyampaikan, sebenarnya program Polisi Ngaji tersebut sudah dilakukan semenjak dirinya menjabat sebagai Kapolres Wonosobo. Namun pada Ramadan ini, pihaknya mengkhususkan kepada pendalaman tata cara membaca Al Quran bagi staf Polres Wonosobo. "Kegiatan belajar membaca dan meningkatkan bacaan Al Quran di Masjid Al Mujahidin komplek Asrama Polres Wonosobo ini," ujarnya.

Menurut dia, kebetulan sekali daerah Wonosobo banyak sekali pondok pesantren, sehingga ini adalah salah satu peluang bagi Polres Wonosobo untuk menyesuaikan dengan kearifan lokal. Pihaknya juga ikut bergabung dengan masyarakat, menambah pengetahuan dan belajar masalah agama Islam. Polres Wonosobo juga sebelumnya telah membentuk tim untuk menseleksi kepada seluruh personil yang sudah atau belum bisa membaca Al Quran.

Akan tetapi, kata dia, hasilnya lebih banyak yang belum bisa membaca Al Quran, sehingga pihaknya bekerja sama dengan Pondok Pesantren Al Mansur Kauman Wonosobo untuk mendatangkan santrinya supaya membantu memberikan pelajaran membaca Al Quran. Kapolres berharap, para stafnya supaya bisa dan tahu cara membaca Al Quran yang benar. Kemudian, harapannya juga yang lebih tinggi lagi yaitu nantinya bisa memahami dan mengamalkan isi kandungan Al Quran tersebut.

Kapolres juga menambahkan secara esensi kata Ngaji adalah penjabaran dari Nggawe Aman Jaga Iman. Artinya bahwa keberadaan polisi di masyarakat, menambah suasana lebih aman dan nyaman. Kemudian jaga iman yaitu dengan adanya program polisi ngaji kita ikut pengajian pengajian yang dilakukan oleh pondok pesantren yang ada di wilayah Wonosobo. "Semoga kedepan polisi di Wonosobo selain berdedikasi tinggi terhadap satuan dan negara, juga memiliki keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan," harapnya.

Brigadir Hana Dewi Masitoh, salah seorang Polwan yang ikut program ngaji ini menyampaikan, dengan diadakannya program polisi ngaji dirinya merasa sangat senang sekali. Hal ini karena bisa mengingatkan kembali bagaimana tata cara membaca Al Quran dengan baik dan benar. "Apalagi sekarang di Bulan Suci Ramadan, segala perbuatan baik akan dilipat gandakan pahalanya," beber dia. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.