Seleksi Jabatan Sekda Temanggung Diulang, Karena Hanya Dua Pendaftar Lolos Administrasi


Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung, Dja’far memberikan keterangan kepada awak media.

TEMANGGUNG (FOKUSSABA)- Pendaftaran untuk jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Temanggung bakal diulangi kembali. Pasalnya, dari lima calon yang mendaftar, hanya dua orang yang dipandang memenuhi syarat administrasi dalam pendaftaran Sekda. Dua orang tersebut, antara lain Sih Widiyanto selaku Pejabat Fungsional Sekretariat Daerah (Setda) Wonosobo dan One Andang Wardoyo selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Wonosobo.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kabupaten Temanggung, Dja’far mengungkapkan dari lima pendaftar yang masuk ke panitia seleksi (pansel), hanya satu orang yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) dari Kabupaten Temanggung. Sementara empat calon lainnya merupakan ASN yang berasal dari Kabupaten Wonosobo. "Dari lima pendaftar, hanya dua yang lolos administrasi," ungkapnya kepada wartawan.

Menurut dia, pendaftaran untuk posisi Sekda Temanggung sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu, namun tidak quorum karena hanya ada dua calon yang lolos seleksi. Dari hasil pendaftaran yang dibuka hingga 25 Maret, hanya ada lima orang nama yang mendaftarkan diri. Antara lain Sih Widiyanto selaku Pejabat Fungsional Setda Wonosobo, Budi Santoso selaku Pejabat Fungsional Setda Wonosobo dan Siti Fatimah Nuraini selaku Pejabat Fungsional Penyuluh Pertanian Wonosobo.

Kemudian, One Andang Wardoyo selaku Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Wonosobo dan Muji Waluyo selaku Pengawas Madya Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Temanggung. Setelah dilakukan tahapan administrasi, peserta yang lolos hanya dua, yaitu Sih Widiyanto dan One Andang Wardoyo. Dja’far juga membenarkan jika para calon Sekda yang mendaftar sebagian besar berasal dari luar Temanggung.

Hal tersebut, kata dia, lantaran sesuai aturan ASN asal luar daerah memang diperkenankan untuk mengikuti seleksi. “Kami memang membuka pendaftaran itu. Mungkin ketika nanti dibuka pendaftaran kembali maka calon dari Temanggung akan lebih banyak," beber dia. Saat ditanya soal kapan akan dilakukan pendaftaran Sekda kembali, pihaknya mengaku secepatnya akan membuka kembali pendaftaran Sekda Temanggung. “Secepatnya kita buka,” ucap Dja’far.

Berdasarkan keputusan Bupati Temanggung Nomor : 800. 22/201/2019, tanggal 21 Februari 2019 telah ditetapkan lima panitia seleksi Sekda yang diketuai oleh Eni Zuhriyah yang merupakan Akademisi Universitas Muhamadiyah Magelang. Untuk empat anggota lainnya yakni Luluk Ifadah (Akademisi STAINU Temanggung), Sri Purwanti (Tokoh Masyarakat), Anjaswari Dewi (Kepala BKN Kanreg 1 Yogyakarta) serta Herru Setiadhie (Asisten Administrasi Provinsi Jawa Tengah). (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.