Sudah Cukup Pelik dan Berliku, Seleksi Jabatan Sekda dan Kepala BKD Wonosobo Dibuka



Ilustrasi

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Wonosobo Afif Nurhidayat meminta pimpinan daerah serius melakukan seleksi terbuka posisi Sekretaris Daerah (Sekda) dan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Pasalnya, pengisian kekosongan jabatan melalui pejabat sementara yang saat ini diduduki sudah terlalu lama dan mempengaruhi kinerja organisasi perangkat daerah (OPD).

“Kami berharap pimpinan daerah lebih serius dalam melakukan seleksi terbuka,” pintanya. Politisi Partai Demokrasi Indonesia (PDI) Perjuangan itu menilai, kinerja pemerintah dalam penanggulangan program kemiskinan di Kabupaten Wonosobo masih terbentur problem internal pemerintah sendiri. "Seperti persoalan banyaknya posisi jabatan penting yang masih dipegang oleh pelaksana tugas atau penjabat," beber dia.

Dijelaskan pihaknya sudah melihat di Laporan Keterangan Pertanggungjawaban
(LKPJ) Bupati Tahun 2018. Hal itu sudah cukup mencerminkan kondisi tersebut, karena apapun posisinya jika masih diisi pelaksana tugas, biasanya peranan tidak maksimal. Sementara berdasarkan situs resmi BKD Wonosobo, mereka memampang seleksi terbuka pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP).

Ujian seleksi tersebut untuk posisi Sekda dan Kepala BKD Wonosobo. Untuk pendaftaran seleksi terbuka posisi Sekda dan BKD berbeda. Dimana posisi Sekda dimulai tanggal 2-8 Mei 2019. Sedangkan untuk posisi Kepala BKD, waktu pendaftarannya, mulai tanggal 2-16 mei 2019. Sebagaimana diketahui pengisian dua posisi JPTP tersebut cukup pelik dan berliku.

Untuk hasil ujian Kepala BKD sendiri sudah ada hasilnya, namun tidak ada satupun yang ditetapkan oleh pimpinan daerah, sebab hanya menghasilkan dua orang saja. BKD melalui panitia seleksi akhirnya kembali membuka untuk mengambil satu orang lagi dalam rangka melengkapi agar genap menjadi tiga. Sedangkan posisi Sekda hingga saat ini masih dipegang oleh penjabat.

Ujian seleksi yang dibuka pada tahun 2018 silam, ternyata tidak ada satupun yang mendaftar. Pada kesempatan sebelumnya, Plt Kepala BKD Wonosobo Samsul Maarif menyebutkan akan kembali membuka pendaftaran pengisian JPTP untuk posisi Sekda dan Kepala BKD. Proses tersebut akan mulai dilakukan setelah Pemilu Serentak tanggal 17 April 2019. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.