Antisipasi Ancaman, Prajurit Kodim Wonosobo Tingkatkan Kemampuan Pertempuran Hutan


Sejumlah anggota Kodim 0707 Wonosobo mengikuti kegiatan pelatihan patroli hutan, guna meningkatkan kemampuan prajurit TNI teknik bertempur di hutan.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Kodim 0707/Wonosobo melaksanakan latihan patroli hutan. Adapun tujuan latihan ini, antara lain untuk memelihara serta meningkatkan kemampuan prajurit serta penguasaan teknik dan taktik pertempuran hutan, dalam mengantisipasi segala bentuk ancaman dan tantangan di masa yang akan datang, sehingga dapat mendukung pelaksanaan tugas pokok satuan.

Tidak menjadi masalah walaupun saat ini sudah bertugas di satuan kewilayahan, akan tetapi naluri menjadi prajurit tidak boleh luntur. Hal itu ditegaskan, Perwira Seksi Operasi Kodim 0707/Wonosobo, Kapten Czi Sarwiyono saat memberikan arahan sebelum latihan dimulai. Menurutnya, pelatihan memang untuk meningkatkan kemampuan prajurit agar mampu melaksanakan tugas operasi di hutan.

Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan kemampuan satuan pada pelaksanaan operasi perang hutan. Memang diperlukan peningkatan kemampuan dengan menyelenggarakan latihan perang hutan bagi satuan, sehingga akan terbentuk kemampuan prajurit infanteri yang profesional, andal dan mampu mengatasi tuntutan tugas di segala bentuk medan maupun cuaca secara cepat dan senyap.

Senada, Koodinator Latihan Kapten Inf Sutarto menambahkan, untuk meningkatkan profesionalisme prajurit satuan tempur dalam menjalankan tugas pokok sesuai dengan kebijakan pimpinan, sehingga dapat diaplikasikan pada kemungkinan perkembangan ancaman di lapangan. Memang saat ini adalah masa damai, tidak ada perang, akan tetapi dalam jiwa seorang prajurit ilmu perang tidak boleh hilang.

Karena itu merupakan standar seorang TNI menguasai ilmu perang, sehingga jika suatu saat digunakan maka bila melaksanakan tugas dengan baik sesuai harapan komando atas. Materi yang dilatihkan saat ini adalah cara patroli di hutan. Kita semua tahu bahwa hutan mempunyai banyak fungsi. Tiap orang mempunyai manfaat sendiri-sendiri sesuai dengan profesinya.

Bagi TNI hutan merupakan tempat yang paling baik untuk berlindung dari serangan musuh. Dan Indonesia masih banyak hutan yang harus dilindungi, sehingga manfaat latihan dihutan selain untuk mengasah kemampuan tempur juga untuk menjaga hutan dari orang-orang yang tidak bertanggung jawab. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.