Diterjang Angin Kencang, Pohon Besar Timpa Rumah Penduduk Hingga Rusak


Warga berupaya memperbaiki sebuah rumah penduduk yang mengalami kerusakan akibat tertimpa pohon, Sabtu (15/6) siang.

TEMANGGUNG (FOKUSSABA)- Sebuah rumah penduduk di Dusun Gemawang RT 04 RW 03 Desa Gemawang Kecamatan Gemawang, Temanggung rusak tertimpa Pohon Sengon yang roboh diterjang angin kencang, Sabtu (15/6) pagi. Tidak ada korban jiwa maupun luka dalam musibah tersebut, namun satu keluarga yang ditinggali dua jiwa terpaksa harus mengungsi ke tempat tetangga, karena kondisi atap rumah rusak.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Temanggung, musibah angin kencang tersebut terjadi sekitar pukul 06.00. Saat itu kondisi cuaca hanya mendung berawan, tiba-tiba saja terjadi angin bertiup kencang, yang menyebabkan sebuah pohon Sengon mengalami roboh dan menimpa rumah penduduk.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pelaksana BPBD Temanggung, Gito Walngadi menyebutkan, sebuah rumah penduduk yang mengalami rusak akibat tertimpa pohon roboh adalah milik Budi (28). Rumah tersebut ditinggali dua jiwa. "Pohon Sengon itu tumbang menimpa atap rumah Budi hingga mengalami rusak sedang," ungkapnya Gito Walngadi melalui laporan kejadian bencana-nya, kemarin.

Menurut dia, untuk sementara pemilik rumah mengungsi di rumah tetangga. Sedangkan kerugian atas kejadian tersebut sekitar Rp 15 juta. Beruntung, para pemilik rumah segera bergegas keluar, sehingga kejadian tidak menimbulkan korban luka maupun jiwa. Atas musibah tersebut, BPBD Temanggung telah melakukan kaji cepat dan memberikan bantuan logistik kepada korban.

Untuk penanganan masalah rumah yang terkena pohon tersebut, BPBD telah berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Gemawang, pihak Kecamatan Gemawang dan Polsek serta Koramil. Bersama warga masyarakat, pihaknya telah berupaya melakukan kerja bakti bersama warga masyarakat, guna memperbaiki atap rumah yang mengalami kerusakan.

Pihaknya mengimbau warga masyarakat selalu waspada dan hati-hati. Karena sejumlah wilayah di lereng Gunung Sindoro maupun Gunung Sumbing rawan terjadi angin ribut atau angin kencang. Pasalnya sudah terjadi berkali-kali angin puting beliung menerjang rumah penduduk, baik kerusakan ringan, sedang maupun berat. Beruntung peristiwa tidak menyebabkan jatuhnya korban. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.