Pendaki Diminta Tak Buang Putung Rokok Sembarangan dan Tinggalkan Perapian


Kapolpos Kecamatan Kledung Polsek Parakan, Ipda Purdiyatmo melakukan pengamanan dan pemantauan ke Basecamp Grasindo Kledung, Sabtu (15/6) lalu.

TEMANGGUNG (FOKUSSABA)- Para pendaki Gunung Sindoro maupun Sumbing diminta tak sembarangan membuang puntung rokok maupun membuat perapian di atas gunung. Pasalnya, kebakaran hutan bisa saja terjadi disebabkan karena kecerobohan para pendaki yang membuang puntung rokok maupun lupa mematikan perapian, agar api yang dibuat telah benar-benar padam secara sempurna.

Imbauan itu disampaikan Kapolpos Kecamatan Kledung Polsek Parakan, Ipda Purdiyatmo saat melakukan pengamanan dan pemantauan ke Basecamp Grasindo Kledung. Pementauan dan pengamanan dilakukan beserta sejumlah anggotanya, Sabtu (15/6). Pihaknya juga menyampaikan pesan kepada para pendaki gunung agar selalu waspada dan hati-hati, agar tidak terjadi sesuatu atau kecelakaan.

“Pastikan api benar-benar sudah padam bilamana membuat perapian dan jangan membuang puntung rokok sembarangan. Kebakaran hutan bisa terjadi akibat kecerobohan para pendaki yang membuang puntung rokok dan lupa mematikan perapian," tutur dia. Menurut dia, musim liburan memang hampir usai, namun masih banyak pemuda, pelajar maupun mahasiswa pencinta alam mendaki gunung.

Hal itu seperti yang terlihat di Basecamp Grasindo, untuk pendakian Gunung Sindoro via Kledung. Terdapat ratusan pendaki gunung bersiap untuk mendaki Gunung Sindoro via Kledung Temanggung, Sabtu (15/6). Tercatat di Base Camp Grasindo Kledung ada sebanyak 700 pendaki Gunung Sindoro yang datang dari berbagai daerah untuk melakukan pendakian.

Dari catatan pihak basecamp, kata dia, ada sejumlah pendaki dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah (Jateng), Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Jawa Timur (Jatim), Jawa Barat (Jabar), bahkan ada yang datang dari Jakarta. Mereka bersiap untuk mendaki Gunung Sindoro dengan dipandu oleh anak-anak Base Camp Grasindo Kledung Temanggung. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.