Sebanyak 1079 Calon Jamaah Haji Wonosobo Bakal Berangkat Empat Kloter


Ribuan calon jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo mengikuti kegiatan manasik haji di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo, Kamis (27/6) siang.


WONOSOBO (FOKUSSABA)- Sebanyak 1079 calon jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo tahun 2019 bakal diberangkatkan dalam empat kelompok terbang (kloter). Tahun ini jumlah calon jamaah haji yang akan diberangkatkan menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Bahkan dengan tahun depan juga masih lebih banyak tahun ini.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Wonosobo, Mahbub menyebutkan, pada musim haji tahun 2019, terdapat 1079 calon jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo yang akan berangkat ke tanah suci. Mereka diberangkatkan dalam empat kloter, antara lain kloter 34, 35, 36 dan 37.

Menurutnya, pemberangkatan tahun ini sebagai yang terbanyak sepanjang sejarah pemberangkatan jamaah haji dari Wonosobo. Mereka rata-rata mendaftarkan diri pada tahun 2011 lalu. "Tahun ini menjadi yang terbanyak dibandingkan dengan tahun-tahun kemarin. Bahkan dengan tahun depan juga masih lebih anyak tahun ini karena tahun depan hanya sekitar 800 calon jamaah haji," ungkapnya.

Hal itu diungkapkan saat ditemui dalam acara Bimbingan Manasik Haji Jamaah Calon Haji Kabupaten Wonosobo kedua di Gedung Sasana Adipura Kencana Wonosobo, Kamis (27/6) siang. Ribuan jamaah haji asal Wonosobo, sudah siap diberangkatkan. Karena sebelumnya, pihaknya sudah melaksanakan manasik masal pertama di gedung Sasana Adipura, DPRD, Pendapa Bupati dan Alun-alun Wonosobo.

Setelah itu dilanjutkan manasik haji tingkat kecamatan. "Di tiap-tiap kecamatan kita sudah mengadakan praktek umroh dan diakhiri dengan manasik masal yang kedua ini dengan materi dari kesehatan, Kemenag Wonosobo dan Kemenag Provinsi Jateng," bebernya. Menurutnya, ribuan calon jamaah haji asal Wonosobo sudah sangat siap karena para jamaah haji sudah menunggu rata-rata delapan tahun.

Setelah ini, katanya, para calon jamaah haji tinggal menunggu undangan untuk pemberangkatan saja karena jadwal untuk pemberangkatannya belum jelas kepastiannya. "Rencana awal pemberangkatan untuk kloter 34, 35, 36 dan 37 diberangkatkan secara berurutan pada tanggal 16 dan 17 Juli 2019. Tetapi baru rencana karena menurut informasi ada perubahan jadwal pemberangkatan lagi. Kita belum jelas pastinya sebelum ada surat perubahan itu," katanya.

Senada, Kepala Kantor Kemenag Wonosobo, Muhammad Thobiq menyebutkan, 1079 calon jamaah haji tersebut terdiri dari 568 calon jamaah haji laki laki dan 511 calon jamaah haji perempuan. Calon jamaah haji terbanyak, katanya berasal dari Kecamatan Wonosobo, yaitu sebanyak 213 orang. Sementara, untuk yang paling sedikit berasal dari Kecamatan Kalibawang yaitu berjumlah enam orang.

"Mereka yang berangkat paling banyak merupakan petani, yaitu sebanyak 351 orang, diikuti pedagang 280 orang, ibu rumah tangga 145 orang, buruh 110, swasta/lain-lain 97 orang, PNS 82 orang, BUMN/BUMD 10 orang dan TNI/Polri empat orang," jelasnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.