Seluruh OPD Pemkab Wonosobo Dilibatkan Susun Masterplan Smart City Wonosobo


Pimpinan OPD lingkungan Pemkab Wonosobo melakukan bimtek mengenai smart city di Ruang Rapat Mangoenkoesoemo Setda Wonosobo, kemarin.


WONOSOBO (FOKUSSABA)- Seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkup Pemerintah Kabupaten Wonosobo, diajak untuk berpartisipasi dalam penyusunan masterplan Smart City (Kota Cerdas). Langkah Pemerintah Kabupaten Wonosobo dalam mengupayakan terwujudnya Kota Cerdas saat ini dinilai sudah memasuki tahap-tahap krusial.

Hal itu setelah ditetapkan Kementerian Komunimasi dan Informatika (Kominfo) masuk dalam 100 Kabupaten/Kota yang berhak atas pendampingan oleh pemerintah pusat. Bupati Wonosobo Eko Purnomo menyebutkan Pemerintah Kabupaten Wonosobo bergerak cepat dengan memulai penyusunan masterplan Kota Cerdas. Melalui Bimbingan teknis yang digelar selama dua hari, di Ruang Mangoenkoesoemo Setda Wonosobo, Senin-Selasa (24-25/6) tadi.

Didampingi sejumlah narasumber dari Kementerian Kominfo RI, bimtek tersebut salah satunya berisikan materi pemetaan strengths (kekuatan), weaknesses (kelemahan), opportunities (peluang), dan threats (ancaman). Melalui metode perencanaan strategis yang popular dengan akronim SWOT tersebut, masing-masing perangkat daerah diharapkan untuk benar-benar menguasai sejauh mana posisi mereka guna menuju Wonosobo Smart City.

Pihaknya optimis Kabupaten Wonosobo akan mampu merealisasikan Kota Cerdas. Menurutnya, keberhasilan mewujudkan Smart City akan meningkatkan kualitas pelayanan publik, serta memudahkan masyarakat dalam akses teknologi, khususnya yang berhubungan dengan kebutuhan harian. “Harapan kami dengan terwujudnya Kota Cerdas ini, tentu juga akan membuka lebih banyak peluang bagi warga masyarakat, sehingga berimbas positif terhadap perekonomian dan kesejahteraan mereka,” ungkap Bupati.

Kehadiran narasumber kompeten dari Kementerian Kominfo semestinya benar-benar dioptimalkan oleh para OPD untuk menggali ilmu melalui diskusi-diskusi produktif. Senada, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Wonosobo, Eko Suryantoro menyebut kesempatan mendapatkan pendampingan dari Kemenkominfo merupakan peluang berharga untuk menyelaraskan maksud dan tujuan.

“Bimbingan teknis ini dihadiri langsung oleh unsur pimpinan OPD di Pemkab Wonosobo bahkan sampai tingkatan kecamatan dan sejumlah desa,” terang Eko. Dalam forum bimtek, para peserta dikelompokkan menjadi tiga bagian, yaitu kelompok suprastruktur, infrastruktur, dan kelompok struktur. Dimana masing-masing kelompok akan berdiskusi perihal peta SWOT di setiap OPD.

Hasil diskusi itulah yang kemudian akan menjadi bahasan pokok bagi para narasumber, untuk menentukan langkah-langkah lanjutan pemkab Wonosobo sehingga keinginan mewujudkan Kota Cerdas bakal lebih cepat tercapai. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.