Suhu Dieng Minus, Banyak Solar Mobil Wisatawan Membeku


Ilustrasi

DIENG (FOKUSSABA)- Beberapa hari ini fenomena bun upas atau membekunya embun terjadi sampai berkali-kali di dataran tinggi Dieng, Jawa Tengah. Fenomena alam tersebut terjadi akibat rendahnya suhu pada suatu wilayah yang mengakibatkan embun membeku.

Walaupun demikian, fenomena alam langka tersebut merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke tempat tersebut. Namun hal tersebut bisa menjadi hal yang kurang baik bagi kendaraan anda.

Dilansir dari Tribunjateng.com, mobil-mobil para wisatawan yang datang ke komplek Candi Arjuna, Banjarnegara, Jawa Tengah mengalami macet masal khususnya kendaraan bermesin diesel, beberapa hari ini.

Hal tersebut terjadi akibat dari solar yang menjadi bahan bakar dari mobil tersebut membeku akibat ekstrimnya suhu dataran tinggi Dieng pada saat itu yang bahkan mencapai minus 2 derajat celcius.

Fortuna Dyah Setyowati, warga Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, mengungkapkan fenomena yang terjadi beberapa hari ini memang tidak biasa. Ia menjelaskan embun es yang terjadi berbeda dari sebelumnya.

"Lebih tebal ya dibandingkan yang kemarin dan hari Senin. Areanya juga lebih luas," jelas Fortuna. Dari suhu minus yang biasanya menyebabkan embun membeku tersebutlah yang membuat solar dari kendaraan wisatawan ikut membeku dan membuat kendaraan macet.

Bagi masyarakat Dieng, mendapati kendaraan berbahan bakar solar mogok sudah biasa. Mereka tahu bagaimana cara menyiasatinya agar kendaraan itu bisa kembali normal. Berbeda dari wisatawan luar kota yang baru sekali menjumpai fenomena itu.

Jelas mereka akan merasa panik dan bingung akan kejadian yang baru kali ini mereka rasakan. Tak hanya wisatawan yang berada di komplek Candi Arjuna, pengalaman serupa dialami sejumlah wisatawan yang menginap di homestay kawasan Dieng.

Fortuna yang juga pemilik homestay Green Savannah ini mengatakan, beberapa kendaraan tamunya mogok karena solar membeku. "Agak beku, jadi gak bisa mengalir (solarnya)," paparnya. (AB)

(Sumber: www.gridoto.com melansir www.tribunjateng.com)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.