Tak Boleh Ada Stagnasi, Kepala Sekolah Dituntut Mampu Membuat Kemajuan


Bupati Wonosobo Eko Purnomo memberikan pengarahan saat pelantikan kepala sekolah di Pendapa Kabupaten Wonosobo, belum lama ini.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Para kepala sekolah dituntut harus mampu membuat kemajuan baik dalam hal prestasi, manajemen sekolah, maupun moralitas sumber daya manusia yang ada. Diharapkan tidak terjadi stagnasi, bahkan kemunduran. Selalu memberi motivasi positif kepada para guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar, serta upaya penuntasan wajib belajar pendidikan dasar (wajardikdas) secara berkelanjutan.

Bupati Wonosobo Eko Purnomo meminta kepala sekolah juga bisa motivasi kepada para siswa yang lulus agar melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi. Peningkatan kualitas pendidikan di sekolah masing-masing, merupakan tugas dan tanggungjawab kepala sekolah. Kualitas dan kemajuan sekolah sangat dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolahnya. Karena itu, Bupati Eko menekankan agar mereka mampu manfaatkan amanah sebagai kepala sekolah tersebut.

Diharapkan para kepala sekolah untuk memperlihatkan prestasi kerja, dan prestasi anak didiknya. Dalam paradigma baru manajemen pendidikan, kepala sekolah diharapkan memberikan dampak positif dan perubahan yang cukup mendasar, dalam pembaharuan sistem pendidikan di sekolah, baik terhadap efektivitas pendidikan, kepemimpinan sekolah yang kuat dan pengelolaan tenaga kependidikan yang efektif dan budaya mutu.

Menurutnya, kerja sama tim yang kompak, cerdas dan dinamis juga diperlukan, ditambah kemandirian, partisipasi warga sekolah dan masyarakat. Selain itu, keterbukaan manajemen, kemauan untuk berubah secara psikologis dan fisik, evaluasi dan perbaikan berkelanjutan, responsif dan antisipatif terhadap kebutuhan, akuntabilitas dan berkelanjutan. "Saudara-saudara ditugaskan sebagai kepala sekolah, merupakan orang-orang terpilih di bidang pendidikan," katanya.

Mereka dinilai telah memenuhi kriteria, baik teknis, akademis, maupun administratif, untuk berkiprah serta mendukung penuh upaya peningkatan kualitas pendidikan di kabupaten ini. Bupati Eko juga berpesan, hal yang tidak kalah pentingnya, pihaknya meminta adanya kontrak kinerja atau pakta integritas yang harus ditandatangani oleh seluruh kepala sekolah yang baru dilantik. Sebab hal ini merupakan tolok ukur pencapaian kinerja yang harus dicapai, sekaligus tanggung jawab moral yang harus dilaksanakan para kepala sekolah. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.