Usai Isi Bahan Bakar, Mobil Kijang Terbakar Hebat di SPBU Candiroto


Sebuah mobil Toyota Kijang bernomor polisi AA 9242 SE milik Supriyono (37) hangus terbakar di SPBU Candiroto Temanggung, Senin (1/7) pagi.


TEMANGGUNG (FOKUSSABA)- SPBU Candiroto di Jalan Raya Candiroto-Ngadirejo Kabupaten Temanggung nyaris terbakar lantaran sebuah mobil mengalami kebakaran hebat usai mengisi bahan bakar, Senin (1/7) pagi. Sebuah mobil Toyota Kijang bernomor polisi AA 9242 SE milik Supriyono (37) hangus dan rusak cukup parah. Api juga sempat merembet dan membakar atap SPBU tersebut.

Berdasarkan informasi yang dihimpun petugas pemadam kebakaran dari Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Temanggung, kebakaran terjadi sekitar pukul 07.00. Jadi, waktu itu Supriyono warga Desa Kebondalem Kecamatan Bejen, selesai melaksanakan pengisian BBM jenis Pertalite pada tangki jirigen yang berada di dalam mobil Kijang warna hijau miliknya, sebanyak tiga jirigen.


Petugas unit pemadam kebakaran melakukan upaya pemadaman sebuah mobil Toyota Kijang bernomor polisi AA 9242 SE milik Supriyono (37) yang terbakar di SPBU Candiroto Temanggung.

Setelah melakukan pengisian, Supriyono melakukan pembayaran dengan pegawai SPBU, atas nama Galih Setiyo (18), warga Kecamatan Wonoboyo. Namun, salah satu pegawai SPBU bernama Andi Noveri (29), warga Manggong Kecamatan Ngadirejo, melihat sumber api dari dalam mobil Kijang yang dikendarai Supriyono. Api langsung menyulut bahan bakar yang ada dalam jerigen di dalam mobil tersebut.

Koordinator Damkar, Edi Susilo belum mengetahui secara pasti penyebab kebakaran. Di dalam mobil terdapat salah seorang korban yang bernama Fakih (7), warga Desa Kebondalem Kecamatan Bejen. Korban Fakih mengalami luka bakar 17 persen di tangan kanan kiri, punggung, kaki kiri, dahi dan rambut hampir semua. Korban dibawa ke Puskesmas Candiroto dan dirujuk ke RSK Parakan.


Kondisi SPBU Candiroto Temanggung yang terdampak kebakaran akibat mobil terbakar

Sementara satu orang pegawai SPBU dikabarkan luka bakar ringan. Tindakan yang dilakukan petugas Damkar Temanggung atas musibah tersebut, berupaya mengirim tujuh armada dari Markas Komando (Mako) dan Pos Jaga Candiroto. Antara lain tiga fire truck dari Kantor Mako dan Pos Jaga Candiroto, tiga water supply dari Kantor Mako dan Pos Jaga Candiroto dan satu fire jeep.

Anggota Damkar yang diterjunkan sejumlah 25 personil. Api dapat dipadamkan pukul 08:30. Sementara kerugian materiil dari kebakaran tersebut ditaksir mencapai Rp 500 juta. Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Temanggung AKP Henny Widiyanti ketika dikonfirmasi wartawan membenarkan adanya kejadian tersebut. Pihaknya masih berkoordinasi dengan Kapolsek Candiroto AKP Jianto terkait detail kejadiannya.

Pasalnya, petugas masih melakukan olah tempat kejadian perkara. "Iya betul tadi pagi sekitar pukul 07.00 telah terjadi kebakaran di SPBU Candiroto," ungkapnya. Selain membakar mobil, si jago merah juga menghanguskan atap SPBU Candiroto. Lalu mobil yang terbakar di dorong ke luar pom bensin guna menghindari kebakaran lebih parah di dalam pom.

Amukan si jago merah sendiri kemudian berhasil dipadamkan tak berselang lama, setelah datangnya armada pemadam kebakaran yang berhasil menjinakan kobaran api. Anggota Koramil 05 Candiroto dan Polsek Candiroto datang membantu mengevakuasi barang yang masih bisa diselamatkan. Pihak kepolisian saat ini masih menangani kasus tersebut. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.