Gemar Berorganisasi, Wakil Bupati Wonosobo Raih Rekor Muri


Wakil Bupati Wonosobo Agus Subagyo memperoleh rekor MURI karena telah menjadi wakil bupati yang sangat gemar berorganisasi.

MENJABAT sebagai Wakil Bupati Wonosobo, tak menyurutkan Agus Subagyo aktif dalam berbagai organisasi masyarakat. Rupanya apa yang digeluti orang nomor dua di Kabupaten Wonosobo itu mampu menghantarkannya memecahkan rekor Meseum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni menjadi wakil bupati dengan jumlah pengurus organisasi terbanyak.

Dari catatan MURI, Wakil Bupati Wonosobo pernah menjadi pengurus di 50 organisasi. Penghargaan tersebut diserahkan bersamaan dengan acara senam kebugaran jasmani (SKJ) Djadoel di Alun-alun Wonosobo, beberapa waktu lalu. Saat ditemui, Wabup mengaku, kegemarannya berorganisasi ini sudah sejak masih duduk di bangku sekolah menengah atas (SMA).

Beberapa organisasi yang diikuti antara lain FKPPI, AMPI, Agus Bersaudara, Aspeti, Aspo, Pemuda Panca Marga, Karang Taruna, OSIS dan lain sebagainya. Organisasi dari tingkat nasional hingga tingkatan rukun tetangga (RT). Kegemaran berorganisasi ini, katanya, termotivasi oleh perjuangan bapak yang menjadi seorang tentara di zaman penjajahan.

"Bapak saya dulu tentara, menjadi komandan Siliwangi di Winongsari, Wonosobo dan bahkan sampai Jerman. Saya termotivasi perjuangan bapak saya zaman dulu yang benar-benar tanpa pamrih seperti gaji tinggi, tetapi betul-betul untuk negara," katanya kepada awak media.

Lebih lanjut, kegemarannya berorganisasi tersebut juga berlanjut saat dirinya saat sudah menjadi pegawai negeri atau PNS. Bahkan waktu itu, satu periode ini ia menjadi pengurus di banyak organisasi. Tetapi ini dilakukan semuanya dengan senang hati dan hobi, karena dengan begitu walaupun kesibukannya dari pagi sampai pagi lagi tidak akan terasa.

"Dari tingkat RT, kabupaten, provinsi sampai pusat ada total 50 organisasi. Namun ini dihitung sejak saya kuliah, kalau sejak SMA jelas lebih banyak lagi. Dan alhamdulillah saya bisa mendapatkan penghargaan dari MURI," tuturnya. Namun, bukan hanya sekedar penghargaan dari MURI saja, tetapi lebih pada bagaimana dirinya ingin memotivasi anak-anak muda sekarang agar gemar berorganisasi.

Hal itu lantaran bisa melatih kedewasaan, perjuangan, semangat dan yang paling penting agar bisa bermanfaat bagi orang lain, bangsa serta agama. "Bahkan saya pernah mengajak anak saya ketika masih kecil untuk ikut kegiatan organisasi sampai pagi. Menurut saya organisasi yang paling berkesan saat saya menjadi ketua RT karena bisa langsung bersinggungan langsung dengan masyarakat," pungkasnya. (AB)

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.