Melatih Tanggung Jawab, Mendewasakan Diri


Aga Fitra Safawi

NAMANYA Aga Fitra Safawi. Ia terpilih sebagai Duta Generasi Berencana (Genre) Nasional 2018. Diajang bergengsi tersebut Aga, sapaan akrabnya, memperoleh Juara II Jalur Pendidikan Putra di Pemilihan Duta Genre Indonesia. Pria kelahiran Wonosobo 9 Februari 1997 itu merupakan salah satu putra terbaik Wonosobo yang mampu menorehkan prestasi membanggakan bagi daerahnya dan tentunya akan menginspirasi yang lain.

Aga merupakan anak sulung dari tiga bersaudara. Ia memiliki hobbi membuat film pendek. Saat ini ia tinggal di Desa Serang, Kecamatan Kalikajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Aga mulai menempuh pendidikan formal tahun 2003 di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Muhammadiyah Kalikajar. Kemudian di tahun 2009 ia melanjutkan ke jenjang menengah pertama, yaitu SMP Negeri 1 Kalikajar.

Beberapa prestasi ia torehkan saat duduk di bangku SMP, diantaranya sebagai peserta Lomba Cerdas Cermat Kewarganegaraan tingkat SMP/ MTS se-Kabupaten Wonosobo, Juara 2 Lomba Cerita Tiga Bahasa (Jawa-Indonesia-Inggris) tingkat SMP Negeri 1 Kalikajar, Lomba Siswa Berprestasi tingkat SMP/ MTS se-Kabupaten Wonosobo, Predikat Siswa Teladan Putra SMP Negeri 1 Kalikajar.

Selain itu ia Aga juga menjadi 3rd Winner English Story Telling Competition Tingkat Kabupaten Wonosono dan Peringkat 8 Paralel UN SMP Negeri 1 Kalikajar. Tahun 2012 dengan prestasi yang ia raih sebelumnya, membawanya masuk ke SMA Negeri 1 Wonosobo yang merupakan salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Wonosobo.

Berada di antara siswa-siswi berprestasi tidak membuatnya kecil hati, justru hal itu menjadi motivasi tersendiri baginya untuk ikut berprestasi. Dengan semangat dan tekatnya tersebut ia berhasil menorehkan beberapa prestasi, diantaranya sebagai peserta pelatihan Debat Bahasa Inggris dan olimpiade astronomi SMA Negeri 1 Wonosobo, Raimuna ke IV Kabupaten Wonosobo.

Di kegiatan tersebut ia berhasil meraih Juara 1 Lomba Penyuluhan Global Warming Berbahasa Inggris. Prestasi lainnya yaitu peringkat 1 Lomba PMR WIRA se-Kabupaten Wonosobo, peserta Jambore Nasional Provinsi Jawa Tengah, Juara 2 Lomba Baca Puisi Putra Peringatan Hari Kartika Kodim Tingkat SMA/SMK Sederajat Kabupaten Wonosobo.

Selain itu Juara 1 FLS2N Cabang Theater/ Drama tingkat Kabupaten Wonosobo, Juara 1 FLS2N Cabang Theater/ Drama tingkat Provinsi Jawa Tengah, dan mewakili Provinsi Jawa Tengah di ajang lomba yang sama di tingkat Nasional tahun 2013. Sempat berhenti dua tahun pasca lulus SMA dengan alasan bekerja untuk biaya kuliah, pada tahun 2017 lalu ia memutuskan untuk melanjutkan jenjang pendidikannya.

Ia kuliah di jurusan Managemen Universitas Sains Al-Qur’an (Unsiq) Jawa Tengah di Wonosobo. Berstatus sebagai mahasiswa tidak menyurutkan langkahnya untuk tetap beraktualisasi diri sebagai karyawan di salah satu hotel di Wonosobo. Baginya, bekerja bukan hanya soal mencari uang saja, namun lebih dari itu sebagai bagian dari proses mengembangkan potensi-potensi yang ia miliki.

Ia belajar bersosialisasi dengan orang-orang baru, melatih tanggung jawab, dan mendewasakan diri sesuai dengan fase perkembangannya. Selain kuliah dan bekerja, saat ini ia aktif di berbagai organisasi, diantaranya sebagai duta Genre Jawa Tengah tahun 2018, anggota Forum Genre Wonosobo, Sekertaris PIK-Ma Unsiq (Jalur Pendidikan), dan Ketua PIK-Remaja Teratai (Jalur Masyarakat).

Aktivitas dan prestasi yang ia torehkan tidak hanya di dunia pendidikan maupun di lingkungan akademisi saja, namun juga di lingkungan masyarakat. Dalam beberapa kegiatan masyarakat ia tidak hanya berperan sebagai partisipan saja tetapi sebagai penggerak kegiatan. Antara lain mengadakan Senam PKK Kampung Serang, Pengadaan Lapangan Voli & Voli Kampung Serang, Lomba Marathon, Senam, Voli, dan Sepak Bola Tingkat Kampung Serang dalam peringatan HUT RI.

Jika dilihat dari teori Big Five Personality karya Lewis R Goldberg, remaja yang sekarang berusia 22 tahun ini cenderung memiliki kepribadian Ekstraversion, yaitu sosok yang senang bergaul, memiliki emosi yang positif, energik, ambisius, workaholic, juga ramah terhadap orang lain. Dalam Peer-group ia dianggap sebagai orang yang ramah, fun loving, affectionate, talkative dan mudah berteman. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.