Pemerintah Provinsi Jawa Tengah Siap Dampingi Peternak Ayam


Kondisi peternakan ayam ras di wilayah Kecamatan Selomerto Kabupaten Wonosobo.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Pemerintah Provinsi Jawa Tengah mengaku siap mendampingi peternak ayam, agar mereka tidak mengalami kerugian yang lebih banyak lantaran harga yang tidak pernah stabil. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berjanji akan mendampingi peternak ayam agar kedepan harga ayam bisa lebih terkontrol.

Memang diakuinya, sampai saat ini belum ada satupun peternak yang datang menghadap dirinya terkait dengan permasalahan peternakan ayam ras ini. “Sudah ada peternak yang menghubungi saya, tapi sampai sekarang belum ada yang datang menghadap. Kalau ada yang berani menjamin, ngomong sama saya,” katanya.

Ganjar mengatakan, sampai saat ini tidak ada satupun lembaga atau pemerintah yang berani menjamin untuk membeli semua ayam ras dari para peternak. Namun demikian, pemerintah akan mendampingi peternak ayam ras. Pihaknya akan melakukan pendataan terhadap jumlah peternak dan ayam yang diternakkan, sehingga produksi ayam bisa diketahui.

“Berapa produksi yang ada, kita tidak akan pernah tahu, jika petenak sendiri tidak mau didata berapa jumlah ayam yang diternak," beber sia. Jika kondisinya seperti ini terus, menurutnya masalah ini tidak akan pernah bisa dikontrol.

Menurutnya, pemerintah juga mendorong agar peternak bisa mandiri, namun mandiri disini harus kuat, yakni dengan cara berkelompok dan berkoperasi. Sehingga ayam bisa masuk pasar seperti biasa dan industri yang punya potensi pasar yang besar. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.