42,0 Hektare Lahan Hutan Lindung Terbakar, Kerugian Rp 6,3 Juta


Relawan beristirahat usai melakukan pengecekan kondisi bara api yang diduga masih menganga, guna mengantisipasi kemunculan titik api di Lereng Gunung Sumbing, Senin (12/8) siang.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wonosobo mencatat, bencana kebakaran hutan di Gunung Sumbing lereng selatan menyebabkan 42,0 hektare lahan hutan terbakar. Kebakaran hutan terjadi di petak 28 dan 29 RPH Kleseman, BKPH Wonosobo, KPH Kedu Utara, masuk Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo.

Asper BPKH Wonosobo, Supriyono menyebutkan, pada petak 28E luas baku 134,0 hektare tanaman tahun 1988 jenis tanaman rimba campur titik koordonat -7.40094,1 110.05056, dan petak 29-1 luas baku 221,5 hektare jenis tanaman padang savana fungsi hutan lindung, titik koordinat -7,39392, 110.05324. "Kejadian kebakaran diketahui hari Minggu, 11 Agustus 2019 pada pukul sekitar 16.30," ujar dia.

Disebutkan, sumber informasi awal kejadian kebakaran dari petugas. Namun, sumber api hingga saat ini belum diketahui. Untuk kronologi kejadian sementara yang dihimpun, pada hari Minggu pukul 16.50 terjadi kebakaran hutan. Karena disertai angin kencang, api terbawa angin ke arah savana yang penuh rumput kering. "Kondisi yang terbakar petak 28 E luas 2,0 hektare dan 29-1 luas 40,0 hektare," bebernya.


Personel gabungan bersama relawan melakukan pemeriksaan kondisi api yang diduga masih menyala di Gunung Sumbing, Selasa (12/8) siang.

Untuk jenis tanaman atau vegetasi hutan yang terbakar yakni petak 28E tegakan rimba campur, ilalang, serasah dan petak 29-1 padang savana atau rumput kering. Taksiran kerugian akibat kebakaran, di lereng selatan Gunung Sumbing tersebut mencapai Rp 6.300.000. Kondisi saat ini, proses pemadaman api sudah selesai. Saat ini lima petugas Perhutani masih stand by, memantau kondisi Gunung Sumbing.

Selain itu, ada enam pencinta alam Patak Banteng, empat anggota Polsek Sapuran, satu anggota Koramil Sapuran, tiga anggota Kodim Wonosobo, enam personel BPBD, dua mountain rescue, dan empat relawan. Selesai melakukan pendataan lokasi kebakaran. "Penanganan pemadaman api sudah padam. Luas pemadaman kurang lebih 42,0 hektare. Untuk langkah penanggulangan, konsolidasi petugas lapangan," beber dia.

Selain itu, meminta bantuan dari masyarakat, BPPD, mountain rescue, kepolisian dan TNI. Melakukan laporan lisan kepada pimpinan langsung, memantau areal pemadaman dan pemadaman telah selesai. Jumlah personel pemadam yang terlibat 31 orang. Tenaga perbantuan yang terlibat, empat orang anggota Polsek Sapuran, lima orang IOF rescue, 15 anggota SAR Sapuran dan warga Desa Banyumudal 80 orang. (A)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.