Antisipasi Banjir, Sampah di Sungai Kalimade Dibersihkan


Sejumlah warga masyarakat dibantu aparat melakukan pembersihan Sungai Kalimade di wilayah Kelurahan Kertek, Kecamatan Kertek, kemarin.

KERTEK (FOKUSSABA)- Babinsa Koramil 06 Kertek Kodim 0707 Wonosobo, Sertu Sugito bersama warga masyarakat Dusun Sijambu Kelurahan Kertek Kecamatan Kertek bergotong-royong membersihkan aliran Sungai Kalimade agar pada saat turun hujan air sungai tidak meluap dan banjir dapat dihindari.

Pasalnya, kebiasaan masyarakat membuang sampah ke saluran sungai berpotensi menyebabkan banjir. Hal ini disebabkan karena saluran air di sungai tersumbat oleh sampah. Pembersihan aliran sungai ini bertujuan untuk mengangkat sampah dan rumput-rumput liar yang bisa menyumbat dan akan mengakibatkan banjir.

Kegiatan ini turut dihadiri dari perangkat Dusun Sijambu juga warga Dusun Sijambu Kel Kertek sebanyak 50 orang dan tiga Anggota Koramil 06 Kertek. Menurut Sertu Sugito, pembersihan Sungai Kalimade ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan.

Pembersihan juga dilaksanakan karena sungai banyak ditumbuhi tanaman liar, seperti eceng gondok dan terdapat tumpukan sampah. Gotong royong pembersihan aliran sungai sangatlah penting bagi warga Dusun Sijambu Kertek agar sungai tidak tersumbat oleh sampah dan rerumputan yang tumbuh di seputaran pinggiran sungai.

"Karena, apabila aliran sungai tersumbat di musim penghujan, maka air sungai akan meluap dan membanjiri perumahan warga,” kata Sertu Sugito. Dia mengatakan, kehadirannya yang ikut bergotong royong bersama warga merupakan wujud dari salah satu fungsi Babinsa, yakni harus tahu kondisi dan situasi di desa binaannya.

Pembersihan sungai ini sebagai langkah awal antisipasi terjadinya banjir pada saat musim hujan, sehingga Babinsa mengajak warga untuk kegiatan karya bakti membersihkan sungai yang banyak ditumbuhi tanaman liar maupun sampah,” katanya. (A)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.