Aroma Politik Pilkada 2020 Kian Kentara, Sejumlah Partai Politik Siapkan Calon


Istimewa

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Sejumlah partai politik di Kabupaten Wonosobo terus meningkatkan konsolidasi internal, mempersiapkan siapa tokoh atau kadernya yang bakal maju dalam pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak di Kabupaten Wonosobo tahun 2020 mendatang. Meski masih beberapa bulan lagi untuk sampai di akhir 2019, aroma politik Pilkada 2020 saat ini sudah mulai menyeruak.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Wonosobo Muhammad Albar mengungkapkan, sebagai parpol yang memilki 10 kursi di gedung DPRD Wonosobo, pihaknya sudah menyiapkan lima kader terbaik untuk bertarung dalam pilkada tahun depan. "Proses sudah jalan. Setelah pelantikan DPRD, konsolidasi akan semakin gencar dilakukan oleh partai-partai di Kabupaten Wonosobo," ujarnya kepada wartawan.

Dikatakan, proses politik menuju pilkada 2020 itu sudah mulai. Terlihat dengan adanya persiapan-persiapan, personal branding, desas-dusus, saling mengintip kekuatan calon, termasuk mencoba memasang-masangkan antara kader yang satu dengan yang lain, bahkan memetakan calon lawan dan kawan. “Prosesnya saya kira sudah mulai, sudah banyak yang ancang-ancang-ancang, glenak-glenik, intip sana-sini, nyalon atau tidak. Siapa gandeng siapa, siapa lawan siapa,” imbuh dia.

Gus Albar menyebutkan, untuk internal PKB, pihaknya masih menunggu hasil istikharah yang dilakukan oleh kyai dan ulama Wonosobo terlebih dulu. Setelah itu baru akan diumumkan. Namun, langkah kerja politik tetap berjalan. “Nanti pada saatnya akan diumumkan. Tahapan sedang dilakukan. Kita lakukan langkah kerja politik, lakukan silaturahami dengan partai politik, semua khan baru sebatas wacana, sampai sekarang belum ada yang pasti,” tandasnya.

Berkaitan dengan nama-nama kader yang akan diajukan untuk bertarung dalam perhelatan politik Pilkada 2020, pihaknya juga belum bersedia membeber nama, bahkan termasuk inisial. Dia hanya menyebut jumlah kader yang akan maju. “Kalau nama nantilah, belum saatnya. Kalau jumlah ada sekitar lima orang, kalau saya sendiri masuk atau tidak di lima itu, terserah Gusti Allah nanti,” katanya sambil tertawa.

Dalam kesempatan terpisah, Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Afif Nurhidayat, mengatakan, pihaknya memiliki banyak kader untuk maju dalam Pilkada 2020. Bahkan partai berlambang banteng bermoncong putih itu memilki momentum yang bagus, setelah berhasil mengusung presiden dan meraih suara terbanyak pada pemilu 2019.

“Saya kira ini momentum yang bagus bagi PDI Perjuangan, namun untuk nama kader yang akan maju, masih kita simpan, nanti ada saatnya ya,” ujarnya. (A)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.