Hutan di Lereng Gunung Sumbing Terbakar Lagi, Masuk Wilayah Magelang


Petugas BPBD Wonosobo melakukan pemantauan kebakaran hutan di Gunung Sumbing lereng selatan, masuk wilayah Magelang. Pemantauan dilakukan di Desa Pulosaren Kecamatan Kepil, Wonosobo, Selasa (13/8) kemarin.

KEPIL (FOKUSSABA)- Kebakaran hutan kembali terjadi di Gunung Sumbing lereng selatan sejak Senin (12/8) petang hingga Selasa (13/8) sore ini. Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo mengaku telah melakukan pengamatan di Desa Pulosaren Kecamatan Kepil, Kabupaten Wonosobo pada Selasa (13/8) siang.

Anggota Pusdalops BPBD Wonosobo, Sabarno menyebutkan, hasil pantauan BPBD Wonosobo dari perbatasan Wonosobo-Magelang, yakni di Desa Pulosaren, kebakaran hutan Gunung Sumbing terlihat sangat besar. Menurut keterangan dari Kepala Desa Pulosaren Sudiro dan mandor Perhutani kebakaran yang terpantau saat ini masuk di wilayah Kabupaten Magelang.

Saat ini pihaknya akan mengadakan assesment ke lokasi. Pendakian dilakukan dari Tim Gabungan BPBD, Koramil, Polsek, PMI, Perhutani dan Relawan. "Berdasarkan rapat koordinasi gabungan BPBD, PMI, Koramil, Polsek, Perhutani, untuk menentukan titik kebakaran Gunung Sumbing maka diadakan assesment atau pedakian bersama," ujarnya.

Menurut dia, kronologis yang diperoleh berdasarkan laporan dari masyarakat, kebakaran bermula pada hari Minggu (11/8) sekitar pukul 16.30. Kebakaran hutan terjadi di Gunung Sumbing masuk wilayah Desa Banyumudal. Berdasarkan pemetaan dari pihak Perhutani, kebakaran terjadi pada petak 28-E, 29-1. Untuk luas petak 28-E adalah 2,0 hektare dan petak 29-1 luas mencapai 40,0 hektare.

Upaya dan tindakan, pada pukul 11.30-14.30 telah di assement ulang bersama tim gabungan dinyatakan padam untuk wilayah Wonosobo, Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran. Pada pukul 19.00, dilakukan assement ulang dari BPBD Provinsi Jawa Tengah dan BPBD Wonosobo bersama relawan Desa Banyumudal kebakaran hutan Gunung Sumbing terpantau padam.

Untuk prakiraan cuaca Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), suhu mencapai 21-26°, cuaca cerah berawan, kecepatan angin 18,5 kilometer per jam, arah angin barat cenderung ke utara. "Laporan ini kami sampaikan sementara, adapun perkembangan lebih lanjut akan segera kami sampaikan," beber dia.

Sementara itu, Asisten Perhutani (Asper) Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wonosobo, Supriyono menyebutkan sejak tadi malam muncul titik api lagi di sebelah timur, perbatasan dengan hutan Magelang. Tadi malam titik masih titik kecil, petaknya belum tau pasti tetapi sekitar petak 29-4 dan masih masuk hutan Wonosobo. Untuk kebakaran saat ini, masuk Magelang. Wonosobo dimungkinkan sudah padam. (A)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.