Hutan di Lereng Gunung Sumbing Dikabarkan Terbakar


Kondisi kebakaran di lereng Gunung Sumbing di jalur Dusun Larangan Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo, Minggu (11/8) petang. (Foto: Dok Warga)

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Kebakaran hutan dikabarkan terjadi di Lereng Gunung Sumbing, masuk wilayah Kabupaten Wonosobo, Minggu (11/8) petang. Terpantau api terus meluas hingga petang ini. Berdasarkan informasi yang dihimpun fokussaba.com, lokasi yang terbakar berada di jalur Dusun Larangan Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo.

Hal itu dibenarkan Anggota Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Sabarno. Ia mengaku baru mendapat informasi dari sukarelawan di wilayah Desa Banyumudal mengenai bencana kebakaran tersebut. "Menurut informasi dari temanku di Banyumudal sekarang belum padam," ungkapnya, Minggu (11/8) petang.

Mengenai kejadian kebakaran tersebut, pihaknya sudah melaporan ke Kepala Seksi (Kasi) Kedaruratan BPBD Wonosobo, guna melakukan upaya tindak lanjut yang diperlukan. Pihaknya juga terus berupaya memantau perkembangan informasi sembari menunggu interuksi pimpinan. "Kita masih terus pantau sambil nunggu interuksi," beber pria yang karib disapa Mondleng itu.

Musim kemarau ini, kebakaran juga terjadi di Gunung Pakuwojo, masuk kawasan Dataran Tinggi Dieng Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Berdasarkan catatan pihak Polsek Kejajar, kebakaran terjadi di hutan lindung di petak 7 - 4 RPH Dieng BKPH Wonosobo KPH Kedu Utara masuk pangkuan Desa Sembungan Kecamatan Kejajar, Wonosobo. Kebakaran hutan terjadi pada Senin (29/7) pukul 12.50.

Luas hutan yang terbakar kurang lebih 9.5 hektare. Jenis tanaman atay vegetasi hutan yang terbakar tegakan bintami, akasia decuren, ilalang, seresah. Taksiran kerugian akibat kebakaran kurang lebih Rp 71.250.000. Masyarakat diimbau tak membuat api di sekitar hutan, karena pada musim kemarau ini, kerawanan terjadi kebakaran hutan sangat tinggi. (A)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.