Jamaah Haji Wonosobo Lakukan Upacara Proklamasi Kemerdekaan di Tanah Suci


Para jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo yang tergabung dalam SOC 35 mengadakan Upacara Proklamasi di lobi hotel.

RASA patriotisme dan nasionalisme tertanam di seluruh jiwa rakyat Indonesia. Ini terbukti dengan penyelenggaraan Upacara Detik-detik Proklamasi diselenggarakan hampir seluruh rakyat Indonesia. Dimanapun mereka berada, baik di dalam negeri maupun di luar negeri. Salah satu penyelenggaraan Upacara Proklamasi dilakukan oleh jamaah haji asal Kabupaten Wonosobo yang tergabung dalam SOC 35.

Ketua TPHD Letkol Czi Fauzan Fadli yang merupakan Dandim 0707/Wonosobo menggagas penyelenggaraan upacara di lobi hotel. Bertindak sebagai Inspektur Upacara Letkol Czi Fauzan Fadli, menyampaikan kemerdekaan bangsa Indonesia adalah nikmat Allah SWT yang diperoleh dengan pengorbanan yang luar biasa dari para pahlawan yang bahkan mereka tidak ikut menikmati kemerdekaan saat ini.

"Menjadi tanggung jawab kita bersama sebagai pewaris kemerdekaan untuk mempertahankan, menjaga dan mengisi kemerdekaan yang telah diperoleh dengan penuh pengorbanan menjadi negara yang baldatun toyibatun warrobun ghofur," kata Dandim Wonosobo. Salah satu upaya yang bisa dilakukan anak bangsa dalam mengisi dan mempertahankan kemerdekaan ini adalah dengan cara bekerja sebaik mungkin.

Dalam bekerja ini kita dasari dengan iman dan taqwa. Maka semua akan membawa keberkahan. Saat ini jamaah sedang melaksanakan ibadah haji, maka nilai-nilai yang terkadung didalamnya kita sama-sama aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari guna mengisi kemerdekaan. Jika itu terlaksana maka dia yakin Bangsa Indonesia memiliki sumber daya yang unggul dan negara akan maju sejajar dengan bangsa lain. Sesuai tema saat ini.

Salah satu peserta upacara yang tergabung dalam SOC 35 Eko Pramono menyampaikan sangat senang dan tidak menyangka disaat melaksanakan ibadah haji ternyata bisa melaksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi walaupun dengan segala keterbatasan. Dengan keterbatasan tersebut ternyata membawa suasana yang beda. Disini merasa lebih hikmat, lebih terasa masuk dalam sanubari.

Kita menjadi lebih bangga dengan Bangsa Indonesia. Diharapkan rasa nasionalisme kami terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) semakin bertambah. Rasa itu juga dirasakan jamaah yang lain. Eko Pramono merasa salut dan bangga terhadap Komandan Kodim, disaat melaksanakan ibadah ternyata ia mengajak semua rombongan untuk bersama-sama melaksanakan Upacara Detik-detik Proklamasi.

Kita semua tahu bahwa rombongan haji terdiri dari berbagai macam profesi dan pekerjaan dalam bekerja sehari-hari. Sehingga bagi mereka yang tidak pernah melaksanakan upacara ini menjadi pengalaman yang sangat berharga. (A)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.