Masyarakat Diminta Waspadai Penyakit Cacing Hati pada Hewan Kurban


Petugas Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (Dispaperkan) Kabupaten Wonosobo memeriksa kondisi hati hewan kurban.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (Dispaperkan) Kabupaten Wonosobo meminta masyarakat untuk mewaspadai penyakit cacing hati pada hewan kurban. Penyakit itu tidak bisa dianggap remeh. Sebab apabila daging berpenyakit itu dikonsumsi manusia bisa mengganggu kesehatan.

Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dispaperkan Wonosobo, Sidik Driyono menyebutkan, setiap tahun pasti ditemukan hewan kurban terinfeksi penyakit cacing hati. Faktor penyebabnya cukup banyak. Antara lain karena pakan hewan atau rumput dan cara pemeliharaan yang kurang memperhatikan kesehatan ternak.

Menurut dia, penyakit cacing hati kerap ditemukan pada hewan kurban saat proses postmortem atau pemotongan. Terutama pada hewan kurban sapi. Berdasarkan catatannya, pada saat melakukan pemeriksaan hewan kurban yang dipotong untuk keperluan Idul Adha setiap tahunnya, selalu didapati sapi yang mengidap penyakit cacing hati.

Penyakit ini banyak dijumpai pada sapi, namun tak menutup kemungkinan penyakit cacing hati juga dapat menyerang kambing maupun domba kurban. "Kalau ditemukan hewan yang terkena penyakit cacing hati, bagian daging yang terserang penyakit tersebut harus dibuang,’’ terangnya.

Untuk itu, masyarakat dituntut waspada. Menurutnya, pemeriksaan kesehatan dalam tubuh hewan kurban bisa dilakukan secara kasat mata. "Caranya mudah, dengan cukup dilihat dari kotoran yang dikeluarkan hewan kurban tersebut. Dan beberapa bagian mata dan telinga hewan," katanya.

Untuk mencegah penyakit berbahaya pada hewan kurban, pihaknya sudah sejak beberapa pekan lalu memeriksa kesehatan hewan kurban di beberapa pasar dan tempat penjualan hewan. Selain itu, pihaknya juga akan menerjunkan petugas pada saat pemotongan hewan kurban untuk mencegah penyakit berbahaya pada daging kurban.

Namun demikian, pada pemeriksaan petugas baru menemukan hewan yang terkena penyakit belek, belum poel dan ada yang cacat. Untuk mencegahnya sebenarnya mudah, yaitu minumkan obat cacing pada hewan beberapa minggu sebelum Idul Adha. "Kalau penyakit cacing hati bisa ditemui jika ternak sudah dipotong dan dicek bagian hatinya," ujar dia. (A)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.