Puluhan Personel Berjibaku Padamkan Api, Empat Titik Api Berhasil Dipadamkan


Sejumlah personel gabungan melakukan upaya pemadaman kebakaran di Gunung Sumbing lereng selatan, masuk Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo, Minggu (11/8) petang.

SAPURAN (FOKUSSABA)- Puluhan personel gabungan melakukan upaya pemadaman kebakaran di Gunung Sumbing lereng selatan, masuk Desa Banyumudal Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo, Minggu (11/8) petang. Berdasarkan informasi yang dihimpun dari SAR Sapuran, sumber informasi awal kejadian kebakaran dari masyarakat Banyumudal dan rekan pada Minggu pukul 17:30.

Koordinator Lapangan SAR Sapuran, Raybowo menyebutkan untuk membantu proses pemadaman, sebanyak 84 personil gabungan diturunkan menjinakkan sijago merah. Tim terdiri dari anggota SAR Sapuran, IOF Rescue dan SAR Banyumudal sebanyak 20 orang, dari Polsek Sapuran empat personel, Pemerintah Desa Banyumudal beserta Kepala Desa serta masyarakat Desa Banyumudal sebanyak 60 orang.

Langkah penanggulangan, pada pukul 19.30, telah dilakukan konsolidasi SAR Sapuran beserta Polsek Sapuran menuju lapangan. Personel kemudian meminta bantuan dari masyarakat, memantau kebakaran karena kabut, menuju titik kebakaran pukul 20:30, memadamkan langsung ke titik api dan kegiatan pemadaman hutan di lereng Gunung Sumbing dihentikan sementara Senin (12/8) pukul 01.30.

Baca juga: hutan-di-lereng-gunung-sumbing.

Menurut dia, sumber api belum diketahui. Untuk kronologi singkat kejadian kebakaran, pada Minggu (11/8) sekitar pukul 17.30 terjadi kebakaran hutan. Kondisi yang terbakar belum diketahui luasnya. Taksiran kerugian akibat kebakaran juga belum diketahui. Kondisi saat ini, telah dilakukan upaya pemadaman lewat jalur Dusun Larangan Desa Banyumudal, Kecamatan Sapuran Kabupaten Wonosobo.

Personel gabungan telah berhasil memadamkan empat titik api di atas Desa Banyumudal. Sebagian petugas masih standby bersama warga sekitar. Luas pemadaman empat titik api. Laporan tersebut merupakan laporan sementara yang dirilis SAR Sapuran mengenai kejadian kebakaran di lereng Gunung Sumbing hingga Senin (12/8) pukul 02.00.

Baca juga: jalur-pendakian-gunung-sumbing-ditutup.

Terpisah, Anggota Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Wonosobo, Sanarno mengaku semalam pihaknya telah melakukan monitoring ke Desa Banyumudal sampai pukul 23.30. Pantauan di lapangan kebakaran semalam terpantau semakin meluas, karena angin juga cukup kencang.

Dari Anggota Koramil Kertek, Kalikajar, Sapuran bersama Kasdim juga semalam sudah naik. "Ada beberapa titik api yang besar terutama yang sudah mendekati lahan pertanian di Dusun Larangan Desa Banyumudal. Untuk semalam saya pantau dari Desa Banyumudal masih terus meluas namun pagi ini saya belum mendapat informasi. Pagi ini kami mau mengecek ke sana lagi," ujarnya. (A)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.