Ketua Komisi A Desak Jalan di Watumalang Rampung Diperbaiki 2020


Ketua Komisi A DPRD Wonosobo, Suwondo Yudhistiro saat melihat kondisi truk yang terperosok karena jalan di Watumalang banyak yang rusak parah, kemarin.

WONOSOBO (FOKUSSABA)- Ketua Komisi A DPRD Wonosobo, Suwondo Yudhistiro mendesak jalan-jalan di Kecamatan Watumalang yang dalam kondisi sangat rusak parah selesai diperbaiki 2020. Pasalnya banyak jalan yang berlubang. Bahkan di beberapa titik, aspalnya sudah terkelupas semuanya dan tinggal batu-batu yang berserakan di sana sini.

Menurut dia, kondisi seperti ini terlihat di ruas jalan Binangun menuju Wonosroyo terutama dari Desa Pasuruan sampai Desa Watumalang. "Kondisi jalan sudah sangat memprihatinkan karena sejak diaspal pada tahun 2002 sampai saat ini belum pernah diaspal lagi," ujar Suwondo Yudhistiro di Pendopo Bupati Wonosobo.

Anggota DPRD yang mewakili Daerah Pemilihan II yang meliputi Kecamatan Watumalang, Leksono dan Sukoharjo itu meminta kepada semua pihak terutama para pengambil kebijakan strategis di Wonosobo untuk menaruh perhatian khusus terhadap Kecamatan Watumalang.

Harus ada diskresi kebijakan untuk pembangunan jalan di Kecamatan Watumalang, karena kecamatan ini tidak dilalui jalur nasional dan jalur propinsi sehingga selama ini pembangunan jalannya sangat tergantung pada kebijakan pemerintah kabupaten.

Kalau tidak ada diskresi maka akan selamanya kecamatan ini tertinggal dibandingkan dengan kecamatan lain di Wonosobo. "Karena itu saya mendesak kepada semua pengambil kebijakan untuk memprioritaskan penyelesaian perbaikan jalan di Watumalang pada tahun 2020," desaknya.

Dia meminta agar pada pembahasan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) yang akan dibahas DPRD bersama perangkat daerah menjadi pintu masuk untuk memberikan perhatian terhadap Watumalang.

Mantan Presiden Mahasiswa UNSIQ tersebut juga meminta agar jalur alternatif menuju Dieng dari Desa Kalidesel juga agar diperhatikan, karena tinggal 2,5 KM lagi sudah bisa terhubung dengan Dieng. "Pak Bupati, ini adalah jalur alternatif menuju Dieng. Jalur ini sering dilalui para wisatawan yang menuju Dieng ketika jalur utama menuju Dieng mengalami kemacetan," tuturnya.

Menanggapi desakan dari Ketua Komisi A tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Wonosobo, One Andang Wardoyo berjanji akan berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang ( DPUPR) agar Kecamatan Watumalang mendapatkan prioritas pada tahun 2020 di tengah keterbatasan anggaran daerah.

Karena anggaran telah tersedot untuk Pilkada Rp 57 Miliar. Ditambah juga pembangunan Pasar Induk Wonosobo sebanyak Rp 67 Miliar tambahan tunjangan perangkat desa dan kepala desa Rp 31 Miliar, dan belanja lainnya yang tidak bisa ditinggalkan. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.