Tebing 35 Meter Longsor Tutup Saluran Irigasi Sikancil Desa Wilayu Selomerto


Anggota TNI bersama sukarelawan membersihkan material longsor tebing setinggi 35 meter yang menutup Saluran Irigrasi Sikancil di Dusun Bangsari Desa Wilayu Selomerto, kemarin.

SELOMERTO (FOKUSSABA)- Tebing setinggi 35 meter dan lebar 20 meter longsor menutupi Saluran Irigrasi Sikancil di Dusun Bangsari Desa Wilayu Selomerto. Peristiwa tersebut terjadi pada Senin (6/1) sekitar pukul 22.00. Demikian laporan dari Kadus Bangsari Herbangun Danu Cahyadi, Selasa (7/1) kemarin.

Danramil 10/Selomerto Kapten Inf Kusno Miharto memerintahkan anggotanya dan dibantu Polsek, BPBD, RPB, sukarelawan dan masyarakat sekitar membersihkan longsoran tersebut. Dengan harapan air segera mengalir kembali sehingga pertanian dan perikanan yang berada dibawahnya akan segera teratasi.

Hal itu mengingat saat ini banyak yang sedang menanam padi. Danramil meminta masyarakat selalu waspada, mengingat saat ini curah hujan masih sering turun dengan intensitas yang tinggi, sehingga kemungkinan terjadi longsor sangat mungkin terjadi kembali. "Kita harus waspada jika hujan turun dengan waktu lama maka kita harus waspada," imbaunya.

Menurut dia, jika itu terjadi maka segera laporkan kepada pihak terkait seperti Koramil, Polsek atau ke Kantor Kecamatan. Sampai saat ini karena medan sulit dan longsoran luas sampai saat ini belum terselesaikan, pengerjaannya akan dilanjutkan Rabu (8/1) lagi, mengingat kemarin hujan sudah mulai turun lagi, sehingga akan membahayakan.

Dandim 0707/Wonosobo Letkol Czi Wiwid Wahyu Hidayat juga memerintahkan kepada semua jajarannya agar selalu waspada. Pasalnya, saat ini hujan masih sering turun dengan intensitas tinggi di sejumlah wilayah Kabupaten Wonosobo. Untuk itu sebagai aparat teritorial harus selalu waspada jika bencana terjadi.

Dengan kewaspadaan tinggi dan peduli terhadap perubahan alam, maka jika terjadi bencana maka bisa meringankan korban yang diderita. Dan yang tidak kalah penting adalah segera laporan awal secepat mungkin. Sehingga sebagai pimpinan bisa mengambil langkah–langkah yang tepat menolongnya. (AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.