Tebing 10 Meter Longsor, Jalur Wisata Dieng Sempat Macet


Petugas gabungan dibantu alat berat membersihkan material longsor di Jalan Raya Dieng, Minggu (2/2) sore. (Foto: Dok Polsek Kejajar)

KEJAJAR (FOKUSSABA)- Akibat diguyur hujan deras, tebing di Jalan Raya Dieng mengalami longsor, Minggu (2/2) sore. Berdasarkan informasi yang dihimpun pihak kepolisian, sekitar pukul 14.20, saat anggota Polsek Kejajar tengah melaksanakan patroli di kawasan obyek wisata Dieng, anggota mendapat laporan dari pengunjung obyek wisata Dieng adanya tanah longsor.

Bencana tanah longsor tersebut terjadi di ruas Jalan Raya Dieng sehingga menyebabkan kemacetan. Setelah mendapatkan laporan dari wisatawan kemudian anggota Polsek Kejajar melaksanakan cek lokasi longsor dan menjumpai longsoran tanah setebal kurang lebih 50 centimeter. Material tanah menutup seluruh bahu jalan sepanjang kurang lebih 5 meter.

Kondisi itu menyebabkan akses transportasi di Jalan Raya Dieng tepatnya pada Kilometer 22, masuk wilayah Desa Dieng Kecamatan Kejajar Kabupaten Wonosobo tidak dapat dilalui. Dari informasi yang didapat anggota di lapangan, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Kemudian anggota melakukan pengaturan dan himbauan serta segera menghubungi Satpam Geo Dipa Energi Dieng, Jaenudin.


Petugas gabungan dibantu alat berat membersihkan material longsor di Jalan Raya Dieng, Minggu (2/2) sore. (Foto : Dok Polsek Kejajar)

Anggota kepolisian berkoordinasi agar dibantu operator alat berat milik Geo Dipa Energi Dieng dan juga menghubungi relawan SAR Desa Dieng untuk membantu membersihkan longsoran tanah. "Berkat kerjasama antara Polri dengan masyarakat tersebut akhirnya pada pukul 15.20 proses evakuasi longsor tersebut selesai dan ruas Jl. Raya dieng dapat dilalui kembali," ujar Bhabinkamtibmas Dieng Bripka Rony.

Diduga tanah longsor tersebut terjadi akibat hujan deras yang mengguyur wilayah dataran tinggi Dieng sejak pukul 11.00, sehingga menyebabkan tebing setinggi kurang lebih 10 meter yang berada di pinggir ruas Jalan Raya Dieng Kilometer 22 longsor dan menutupi bahu jalan. "Kami himbau kepada pengguna jalan yang melintas di area tanah longsor tersebut agar waspada dan harap pelan pelan dikarenakan jalan masih licin," imbaunya.
(AB)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.